Berita Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Wilayah Kedaulatan NKRI serta Militer Negara Sahabat

23 January 2016

Saatnya PT PAL Diberi Tantangan Lebih Besar

10:57 PM Posted by Unknown No comments
lpd pal
Inspirasi untuk PT PAL (photo: pr1v4t33r – Defence.pk)
SURABAYA:(DM) - PT PAL telah membangun LPD Makassar Class, juga telah membangun SSV Tarlac Filipina, bersamaan dengan pembangunan light frigate PKR Sigma 10514.
Kini TNI AL berencana memesan dua kapal rumah sakit ke PT PAL, dengan platform LPD Makassar Class. Tentu tawaran itu akan disambut oleh PT PAL, untuk likuiditas keuangan perusahaan. Bersamaan dengan itu, PT PAL perlu diberikan tantangan untuk lebih berkembang. Tantangannya adalah membuat kapal yang lebih besar dari SSV. Yakni kapal sekelas Frigate / Destroyer yang multi fungsi, seperti halnya HDMS Absalon (L16), yang merupakan support ships bagi Angkatan Laut Denmark.
HDMS Absalon memiliki fungsi : Frigate + Command and support roles + Large Ro-Ro deck. Kapal Denmark ini memang unik. Ada yang menyebutnya frigate, namun Denmark sendiri menyebutnya kapal Suport, meski dilengkapi persenjataan : 1 × 5 inch (127 mm)/54 Mark 45 mod 4 gun ; 7 × 12.7 mm Heavy machine gun; VLS with up to 36 cells; RIM-162 ESSM/RIM-7 Sea Sparrow (Mk 56/Mk 48 VLS; ) 8 × Harpoon Block II SSM Later; 2 × Oerlikon Millennium 35 mm Naval Revolver Gun Systems CIWS MU90 Impact ASW torpedoes ; 4 × Stinger Point-defence SAM.
HDMS Absalon (L16). Absalon class are support ships of the Royal Danish Navy
HDMS Absalon (L16). Absalon class are support ships of the Royal Danish Navy
Indonesia kini sedang melakukan kerjasama pertahanan dengan Denmark. Semoga saja kerja sama tersebut melibatkan PT PAL, untuk mewujudkan kapal perang Absalon versi Indoensia seperti gambar paling atas.

0 komentar:

Post a Comment