Berita Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Wilayah Kedaulatan NKRI serta Militer Negara Sahabat

17 January 2016

Sehari Jelang Peluncuran Light Frigate 10514 dan SSV Filipina

10:00 AM Posted by Unknown No comments
pkr tni 2
SURABAYA:(DM) - Kesibukan terlihat di PT.PAL di Surabaya Jawa Timur, pasalnya Senin pagi 18/1/2016, PT.PAL akan meluncurkan 2 kapal sekaligus, yaitu PKR10514 pesanan Kementrian Pertahanan serta Kapal SSV pesanan Filipina.
Dari pantauan ARCinc di lapangan, PKR10514 sudah gagah terlihat berhadapan dengan kapal SSV pesanan Filipina. Di Kapal PKR telah terpasang meriam 76mm, namun Millenium Gun yang seharusnya di belakang meriam utama belum terpasang. Adapun Kapal SSV juga sudah terlihat utuh. Sekilas kapal ini mirip dengan LPD Makassar Class yang dibuat PT.PAL untuk TNI AL.
Dengan bobot 2300 ton, PKR 10514bisa dibilang sekelas Light Fregat. Kapal sekelas ini sangat dibutuhkan TNI-AL mengingat luasnya lautan yang harus dijaga, sekaligus mampu memberikan efek gentar. Light Fregate, PKR10514 akan dilengkapi sejumlah persenjataan mematikan, namun sejauh ini belum ada rilis resmi mengenai jenis dan jumlah persenjataan PKR10514. Disebutkan kapal ini nantinya memiliki kemampuan peperangan 3 dimensi perang : permukaan, udara dan bawah laut.
Untuk peluru kendali, kemungkinan besar menggunakan keluarga besar Exocet. Namun, yang menarik, di belakang meriam utama, terdapat sejumlah peluncur rudal dengan sistem Vertical Launch. Kapal sepanjang 105 meter ini juga memiliki helideck dengan kapasitas helikopter mencapai 10 ton. Direncanakan PKR nantinya akan memiliki hangar khusus helikopter, hal yang tak dimiliki kapal perang kelas Sigma TNI-AL sebelumnya.
Ketika ARCinc mendatangi PT.PAL tampak satu modul telah tiba dari Belanda. Modul ini nantinya akan dipasang pada kapal perang PKR10514 kedua.

0 komentar:

Post a Comment