Berita Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Wilayah Kedaulatan NKRI serta Militer Negara Sahabat

18 January 2016

TNI AD Tempatkan Helikopter Fennec, Bolcow dan Bell 412 di Perbatasan Kalimantan

10:10 PM Posted by Unknown No comments
Helikopter Fennec
Tanjung Redeb:(DM) – Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal Mulyono, 15/1/2016, meninjau persiapan fasilitas militer Skadron 13/Serbu, di Berau, Kalimantan Timur. Secara bertahap, TNI AD akan menempatkan helikopter serbu, untuk memperkuat kawasan perbatasan di Kalimantan Utara, dengan negara tetangga.
Jenis helikopter yang akan ditempatkan di Skadron 13/Serbu itu diantaranya : Fennec, Bolcow hingga Bell-412, dengan perkuatan personel sebanyak 312 prajurit TNI AD.
Helikopter Fennec TNI AD
Helikopter Fennec TNI AD
“Ini bertahap akan kita penuhi, tidak bisa sekaligus. Yang jelas, akan kita perkuat personel, dan juga alutsista di skadron ini,” ujar KSAD Jenderal Mulyono, di Tanjung Redeb.
Dalam evaluasi sementara ini, KSAD menilai kesiapan fasilitas rencana Skadron 13/Serbu di Berau, sudah sangat bagus. Jenderal Mulyono memastikan komitmen TNI AD, untuk melengkapi dengan sejumlah fasilitas penunjangn. “Kita tetap konsisten untuk memenuhi fasilitas di daerah dalam upaya menjaga keamanan di perbatasan,” ujarnya.
Helikopter Bell 412 EP TNI AD (Photo; ARC.web.id)
Helikopter Bell 412 EP TNI AD (Photo; ARC.web.id)
Helikopter Bell 412 EP TNI AD (Photo; ARC.web.id)

Rangkaian kegiatan dia di Kalimantan Utara dan di Kalimantan Timur, untuk mengecek lebih dekat kesiapan personel TNI AD. Sebelumnya, KSAD telah melakukan pengecekan yang sama ke kota Tarakan dan Nunukan di Kalimantan Utara.
“Kunjungan ini merupakan kunjungan kerja melihat kesiapan personel dan fasilitas di wilayah perbatasan. Sebelumnya, saya juga melihat pangkalan drone (pesawat mini tanpa awak) di Nunukan. Itu juga menjadi lokasi kita untuk melakukan pemantauan daerah-daerah blankspot, dalam artian, belum ada pengamanan yang kuat. Kalau di Berau ini, dalam rangka gelar kekuatan militer,” jelas Mulyono.
Dalam kunjungan ke Berau, KSAD mendarat di Tanjung Redeb menggunakan dua heli jenis Bell dan diterima Dirbincab Puspenerbad Kolonel Pnb Agus Siswanto, didampingi Komandan Kodim 0912/TRD Letkol Inf Ahmad Hadi Al Jufri di Skadron 13/Serbu.

0 komentar:

Post a Comment