Berita Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Wilayah Kedaulatan NKRI serta Militer Negara Sahabat

16 February 2016

Akankah Suriah Menjadi Awal Perang Dunia Ketiga ?

7:28 AM Posted by Ikh Sanudin No comments
RIYAD:(DM) - Arab Saudi mengirimkan pesawat jet tempur ke Incirlik Air Base di provinsi Adana, selatan Turki, di mana jet dari koalisi anti-ISIL pimpinan AS berkumpul, ujar Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu, 14 Februari 2016.
“Kerajaan Saudi sekarang hadir di Incirlik Turki,” ujar Brigadir Jenderal Ahmed al-Assiri, dikutip stasiun TV Al-Arabiya, 13 Februari 2016.
“Pesawat-pesawat tempur Saudi yang hadir dengan kru mereka, untuk mengintensifkan operasi udara bersama dengan misi yang diluncurkan dari pangkalan di Arab Saudi,” kata al-Assiri, tanpa memberi rincian lebih lanjut.
Namun, tanggal 15/2/2016, sumber-sumber militer Turki membantah kedatangan pesawat tempur Arab Saudi.
Sumber-sumber militer mengatakan kepada harian Hurriyet bahwa pesawat tempur Saudi belum tiba di Incirlik. Kedatangan jet tempur Arab Saudi diperpanjang dalam rentang dua atau tiga minggu.
Turki dan Arab Saudi telah lama mendorong operasi darat di Suriah tetapi tidak ada keputusan konkret yang diambil untuk operasi itu, selama ini.
“Ini bukan masalah bagi Turki atau Arab Saudi sendiri, kami telah mengatakan bahwa koalisi harus melakukan ini,” Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu ketika ditanya tentang rencana operasi darat terhadap ISIL oleh Turki dan Arab Saudi di Suriah.
“Para pakar militer Turki dan Arab Saudi akan bertemu dalam beberapa hari mendatang untuk menyelesaikan rincian, gugus tugas dan peran yang akan dimainkan oleh masing-masing negara,” tambahnya.
Menteri Luar Negeri Saudi Adel al-Jubeir mengatakan kepada wartawan pada 14 Februari bahwa negaranya siap mengirim pasukan khusus untuk Suriah untuk mengambil bagian dalam operasi darat terhadap ISIL, tanpa memberikan rincian lebih lanjut.
Hurriyetdailynews.com/jkgr
Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment