Berita Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Wilayah Kedaulatan NKRI serta Militer Negara Sahabat

16 February 2016

Ambisi Iran Melengkapi Kekuatan Udaranya dengan Su-30 dan (Qaher-313 ?)

6:53 PM Posted by Ikh Sanudin No comments
Su-30M2
TEHERAN:(DM) - Iran tampaknya akan menandatangani kesepakatan pembelian pesawat tempur Su-30 Flanker buatan Rusia untuk meningkatkan kekuatan Angkatan Udaranya menyusul keberhasilan kesepakatan nuklir dan dicabutnya embargo terhadap Teheran.
Menteri Pertahanan Iran Brigadir. Jenderal Hossein Dehghan mengunjungi Moskow pada 16 Februari untuk membahas potensi pembelian pesawat tempur, serta membahas pengiriman sistem rudal pertahanan udara Almaz-Antey S-300.
“Menteri Dehgan juga akan membahas pembelian jet tempur Su-30 karena Departemen Pertahanan percaya Angkatan Udara Iran membutuhkan pesawat jenis ini. Kami sudah berdiskusi jauh (tentang) pembelian ini dan saya pikir bahwa selama kunjungan mendatang kontrak akan ditandatangani, ” rilis Sputnik mengutip sumber dari Kementerian Pertahanan Iran.
Sebelumnya, Dehghan dalam sebuah siaran di Iran TV mengatakan bahwa Teheran perlu fokus memodernisasi kekuatan angkatan udaranya. Untuk itu, Dehghan khusus menyinggung Su-30 walau saat itu belum menyatakan ketertarikannya pada pesawat tempur buatan Rusia.
“Hari ini kami perlu memperhatikan kekuatan dan pesawat udara dan kami berusaha untuk mencapai kesepakatan dengan Rusia, dimana kami akan memiliki kemitraan pembangunan dan pembuatan jet tempur, “kata Dehghan.
Agaknya Iran ingin salah satu varian Su-30 tercanggih seperti yang dioperasikan oleh India, Malaysia, Aljazair dan Rusia sendiri. Namun, tidak tertutup kemungkinan Iran bisa memilih varian dasar pesawat Su-30M2, yang sudah lama memperkuat Angkatan Udara Rusia. Su-30M2 merupakan varian yang murah, yang mungkin lebih masuk akal mengingat situasi ekonomi Iran. Namun tampaknya Iran tidak puas dengan hanya membeli Su-30, Teheran juga berniat memproduksi secara lisensi pesawat Su-30.
Varian Su-30M2, yang dibangun di Komsomolsk-on-Amur di Rusia timur jauh, merupakan Su-30SM yang dilengkapi dengan mesin daya dorong vectoring namun tidak menggunakan canard. Varian ini memiliki avionik suite yang tidak canggih.
Bagaimanapun juga penambahan pesawat tempur Su-30 akan sangat meningkatkan kemampuan Angkatan Udara Iran, yang sebagian besar dilengkapi dengan teknologi lawas dari Amerika, Rusia dan Cina.
Qaher_F-313
pesawat tempur Iran yang paling canggih saat ini hanya terdiri dari F-14 Tomcat buatan Amerika dan MiG-29 semasa Uni Soviet atau pesawat udara yang membelot dari Irak.
Sisa kekuatan lainnya terdiri dari F-4 Phantom II, F-5 Freedom dan F-6 dan F-7 buatan China ( keduanya berbasis pesawat MiG-19 dan MiG-21).
Sebagian besar perkembangan pesawat tempur buatan Iran seperti modifikasi airframe pesawat tempur ringan F-5 atau replika pesawat siluman konyol Qaher-313.
NationalInterest/jkgr
Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment