Berita Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Wilayah Kedaulatan NKRI serta Militer Negara Sahabat

06 February 2016

Awak KRI Usman Harun dan Kapal Australia, Saling Intip

8:25 AM Posted by Unknown No comments
Jakarta:(DM) – KRI Usman Harun 359 melakukan latihan dengan kapal perang dari 3 negara, yakni HMAS Darwin 04 dari Australia, KD LEKIR 26 dari Malaysia dan VPN Dinh Tien Hoang-011 dari Vietnam. Dalam latihan di Samudera Hindia ini, KRI Usman-Harun juga “salling intip”, bertukar awak dengan kapal perang Australia.
Mereka melakukan latihan formasi manuver taktis, berbagai serial latihan: komunikasi radio, plotting target permukaan, penanggulangan kapal bermasalah, peran kebakaran, pertukaran personel militer di tengah laut, latihan isyarat lampu dan isyarat bendera. Latihan ini digelar dalam perjalanan di Samudera Hindia menuju India, dengan kecepatan kapal 12 Knot.
KRI Usman Harun (USH)-359
KRI Usman Harun (USH)-359
“Latihan ini bertujuan melatih dan mengasah ketrampilan pajurit serta profesionalitas para ABK di bidang pertukaran informasi, pengalaman mengawaki alutsista KRI dan peralatan tempurnya,” ujar Komandan Satgas Pelayaran Muhibah IFR India 2016 Kolonel Laut (P) Heri Triwibowo di sela latihan, Jumat (5/2/2016).
KRI Usman-Harun mengirimkan delegasi utusan 3 personel terdiri dari perwira, bintara dan tamtama onboard untuk berlatih di kapal Australia HMAS Darwin 04 selama latihan peran di laut. Begitu pula sebaliknya delegasi HMAS Darwin 04 mengirimkan delegasinya untuk belajar dan mengenali profil KRI Usman Harun-359.
 KRI Usman Harun (USH)-359 [Antara/M Risyal Hidayat]
KRI Usman Harun (USH)-359 [Antara/M Risyal Hidayat]
KRI Usman-Harun merupakan kapal patroli lepas pantai jenis korvet yang tiba di Indonesia bulan September 2014. KRI Usman-Harun didukung radar navigasi dan radar surveillance canggih, untuk mendukung pengamatan udara, serta radar tracker senjata untuk mengendalikan arah dan elevasi senjata secara akurat terhadap sasaran. Meriam 76 mm Otomelara Super Rapid Gun (OSRG) dan Canon 30 mm di lambung kanan dan kiri kapal, juga dapat berperan sebagai CIWS (Close in Weapon System) jika ada bahaya udara mengancam kapal.

0 komentar:

Post a Comment