Berita Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Wilayah Kedaulatan NKRI serta Militer Negara Sahabat

09 February 2016

Basarnas Beli 24 Helikopter AW139 dan Dolphin

5:18 PM Posted by Unknown No comments
Helikopter AW139, SAR Swedia
Jakarta:(DM) – Badan SAR Nasional (Basarnas) berencana membeli 12 helikopter AW139 dan 12 helikopter Dolphin, untuk meningkatkan pelayanan SAR kepada masyarakat. Tahun ini, anggaran Basarnas akan digunakan khusus untuk pembelian helikpoter.
“Sasaran kita ada 2 skadron. Kita berupaya mengadakan 12 helikopter tipe AW139 dan 12 tipe Dolphin. Kali ini, anggaran 2015 kita adakan untuk helikopter,” kata Kepala Basarnas Marsekal Madya FH. Bambang Soelistyo di Kantor Basarnas, Jakarta, Selasa, 9 Juni 2015.
Marsda Bambang menjelaskan, saat ini Basarnas hanya memiliki 8 unit helikopter, 2 tipe Dolphin dan 6 tipe BO-105. Semuanya buatan tahun 80-an.
Dolphin Basarnas (Okezone.com)
Dolphin Basarnas (Okezone.com)

“Saya lihat memang masih layak pakai, tapi kita bertarung dengan safety, maka kini kita lakukan pembaruan,” ujarnya menambahkan.
Kekuatan udara diperlukan Basarnas karena punya kelebihan, yakni kecepatan dan kemampuan meng-cover waktu. Namun, kekuatan udara juga memiliki kelemahan yaitu tak bisa selamanya di udara. “Kita sinergikan dengan kekuatan darat dan laut.”
Basarnas telah membeli helikopter AW139 dari pabrik Agusta Westland Spa di Milan, Italia, Selasa 9 Juni 2015. Penyerahan kontrak helikopter dilakukan oleh Bambang Soelistyo dengan Gianfranco Sottoteti, selaku Senior Vice Presiden International Sales Goverment Agusta Westland di Gedung Basarnas.

0 komentar:

Post a Comment