Berita Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Wilayah Kedaulatan NKRI serta Militer Negara Sahabat

08 February 2016

Bomber Nuklir Rusia Berlatih Serang Swedia

9:01 AM Posted by Ikh Sanudin No comments
EROPA:(DM) - NATO mengungkapkan, pada tahun 2013, dua pembom Rusia Tu-22M3 berlatih membuat serangan nuklir terhadap Swedia, tepatnya pada 29 Maret 2013. Informasi ini muncul dari laporan tahunan terbaru NATO.
Serangan simulasi pembom nuklir itu dikawal empat Su-27 di wilayah Gotska Sandon, sebuah pulau tak berpenghuni Swedia di Laut Baltik, dan Angkatan Udara Swedia memergoki aksi tersebut. Namun, hanya dua pesawat F-16 dari Denmark, yang dikerahkan dan mengudara pada waktu itu, di mana pesawat itu sedang menjalankan misi Polisi NATO di Baltik.
Tindakan tersebut belum pernah dilakukan Rusia sejak berakhirnya perang dingin. Namun kini situasinya berubah, di tengah ketegangan antara NATO dan Rusia. Dalam tiga tahun terakhir, sedikitnya Rusia telah menggelar 18 latihan perang berskala besar. Sebagian dari latihan itu melibatkan lebih dari 100.000 prajurit. Latihan itu, termasuk latihan simulasi serangan nuklir ke negara anggota NATO, dalam hal ini Swedia.
Sumber : Telegraph.co.uk/jkgr
Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment