Berita Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Wilayah Kedaulatan NKRI serta Militer Negara Sahabat

16 February 2016

India Uji Coba Nuklir Produksi Dalam Negeri Prithvi-II

6:57 PM Posted by Ikh Sanudin No comments
India Uji Coba Nuklir Produksi Dalam Negeri Prithvi-II (1)
NEW DELHI:(DM) - Militer India hari ini (Selasa, 16 Februari) melakukan uji tembak rudal hasil rakitan dalam negeri Prithvi-II, yang mampu membawa 500 kg sampai 1000 kg hulu ledak. Uji coba tembak ini dilakukan pihak militer di wilayah Chandipur.
Menurut seorang pejabat Pertahanan India, tes rudal itu dilakukan dari sebuah peluncur bergerak di peluncuran kompleks-3 dalam Uji Rentang Terpadu (ITR) sekitar pukul 10.00 pagi waktu setempat.
Dengan jarak capai 350 km, rudal permukaan-ke-permukaan Prithvi-II mampu membawa 500 kg hingga 1.000 kg hulu ledak dan thrusted oleh liquid propulsion twin engines.
Prithvi-II menggunakan sistem bimbingan inersia canggih dengan manuver lintasan untuk mencapai target.
Data percobaan rudal yang dilakukan oleh Strategic Force Command (SFC) masih berada dalam proses analisis.
Rudal yang diuji coba hari ini dipilih secara acak dari hasil produksi dalam negeri dan seluruh kegiatan peluncuran dilakukan oleh SFC. Peluncuran tersebut dipantau oleh para ilmuwan dariDefence Research and Development Organisation (DRDO) sebagai bagian dari latihan mereka.
India Uji Coba Nuklir Produksi Dalam Negeri Prithvi-II (2)
Lintasan rudal dilacak oleh radar DRDO, menggunakan sistem pelacakan elektro-optik dan stasiun telemetri yang terletak di sepanjang pantai Odisha.
Tim downrange di atas kapal dikerahkan ke dekat titik dampak yang ditunjuk di Teluk Benggala untuk memantau peristiwa terminal dan pendaratan rudal.
Dimasukkan ke dalam angkatan bersenjata India pada tahun 2003, Prithvi II merupakan rudal pertama yang dikembangkan oleh DRDO di bawah arahan IGMDP (Integrated Guided Missile Development Program).
Pelatihan peluncuran tersebut jelas mengindikasikan kesiapan operasional India untuk memenuhi kemungkinan apapun dan juga memastikan keandalan komponen tersebut sebagai bagian dari persenjataan strategis India.
Sebelumnya, Prithvi-II telah menuai kesuksesan dalam uji coba yang dilakukan pada bulan November 2015 lalu.
Deccan Herald/jkgr
Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment