Berita Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Wilayah Kedaulatan NKRI serta Militer Negara Sahabat

12 February 2016

Kekuatan Armada Kapal KPLP

7:53 AM Posted by Ikh Sanudin No comments


Kapal KPLP

Kapal KPLP 5

Kapal KPLP 3

Kapal KPLP 4
Kapal KPLP 2
JAKARTA:(DM) - Saat ini bukan hanya Bakamla yang sedang menggenjot jumlah kapal patroli mereka, tapi juga Departemen Perhubungan.
Kementerian Perhubungan baru saja mengoperasikan tiga kapal patroli ukuran 42 meter untuk Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) di Dermaga Utara Pelabuhan Batuampar, Batam, Provinsi Kepulauan Riau. Kapal itu adalah KN Gerantin yang akan digunakan di pangkalan Surabaya, KN Pasatimpo di pangkalan di Bitung, dan KN Rantos di Pangkalan Tanjung Uban.
Kapal-kapal itu bagian dari pengadaan 200 kapal Kementerian Perhubungan, yang sekitar 30 persennya adalah kapal patroli. Kementerian Perhubungan membutuhkan kapal patroli nonmiliter sekitar 500 kapal, yang separuh diantaranya harus kapal kelas satu dan kelas dua.
Saat ini Kementerian Perhubungan memiliki 242 kapal KPLP, namun rata-rata ukuran kecil, dan ukuran besar hanya sekira 30 kapal. Untuk itu kini Kementerian Perhubungan sedang membangun kapal kapal besar untuk Patroli KPLP. Kapal dengan desain terbaru akan dilengkapi alat navigasi canggih.
Antara
Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment