Berita Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Wilayah Kedaulatan NKRI serta Militer Negara Sahabat

02 February 2016

Prioritas Utama Adalah Pengamanan Laut

8:46 AM Posted by Unknown No comments
Laksamana TNI Ade SupandiLaksamana TNI Ade Supandi

SURABAYA:(DM) - Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal), Laksamana TNI Ade Supandi menyatakan bahwa keamanan laut Indonesia adalah prioritas utama. Oleh sebab itu, pelaksanaan gelar operasi harus dilaksanakan secara efektif dan efisien, dengan prioritas wilayah perbatasan dan pengamanan sumber kekayaan alam di laut. Penekanan tersebut disampaikan oleh KASAL saat membuka Apel Komandan Satuan (AKS) Tahun 2016 di Balai Samudera, Kelapa Gading, Sabtu lalu (30 Januari).
Apel Komandan Satuan (AKS) TNI Angkatan Laut (AL) Tahun 2016 merupakan kegiatan tahunan TNI AL yang dilaksanakan untuk menyampaikan Pokok-Pokok Kebijakan Kepala Staf Angkatan Laut tahun 2016. Titik berat penyelenggaraan AKS TNI AL tahun ini adalah terbentuknya satu persepsi tentang tugas TNI AL, sekaligus memberikan pemahaman kepada seluruh Komandan Pangkalan dan Komandan Satuan Operasional tentang Kebijakan Pembinaan TNI Angkatan Laut dalam mengantisipasi tantangan tugas ke depan.
Dalam acara AKS tersebut, Kasal juga mengatakan bahwa seorang perwira dituntut untuk mengerti masalah hukum di laut, sehingga ketika terjadi suatu kasus pelanggaran, maka ia mengerti harus berbuat apa. Terutama jika masalah tersebut berkaitan dengan wilayah-wilayah perbatasan dengan perairan negara tetangga. Dengan adanya pengetahuan hukum laut, maka seorang perwira dapat cepat untuk mengambil tindakan.
Dalam AKS yang bertemakan “Meningkatkan Peran Komandan Satuan Guna Membangun Dedikasi, Loyalitas dan Integritas Prajurit dalam rangka Mendukung Tugas TNI Angkatan Laut” ini, Laksamana TNI Ade Supandi juga menyayangkan banyaknya pelanggaran disiplin dan hukum yang dilakukan oleh prajurit TNI AL. Menurutnya, hal tersebut terjadi karena kurangnya pengawasan dari para komandan. Untuk itu, perlu pendekatan persuasif komandan kepada para anak buahnya. Serta, ciptakan pula hubungan emosional yang baik.
Tahun 2016 merupakan tahun kedua dari Renstra bidang Pertahanan Negara TNI Angkatan Laut tahun 2015-2019. Sesuai dengan kebijakan pemimpin dan perubahan kebijakan nasional bidang pertahanan, maka tugas yang harus diemban TNI Angkatan Laut tahun 2016 semakin kompleks dan dinamis, diantaranya adalah melaksanakan pembangunan kekuatan, meningkatkan kesiapan alutsista sampai kondisi siap tempur, meningkatkan kesiapan sarana prasarana pangkalan khususnya di Kepulauan Natuna dan Papua, meningkatkan kemampuan intelijen, kemampuan peperangan, serta kemampuan cyber deffense.

0 komentar:

Post a Comment