Berita Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Wilayah Kedaulatan NKRI serta Militer Negara Sahabat

20 February 2016

Prototipe Tank Boat X-18 Siap di Produksi

2:19 AM Posted by Ikh Sanudin No comments
main_p1635120

BANYUWANGI:(DM) - Pemerintah Indonesia sudah memerintahkan pembuatan prototipe Fire Support Vessel X18. Prototipe nantinya akan digunakan untuk mengevaluasi kesesuaian dan kemampuan boat meriam sebelum nantinya dibangun dan diakuisisi oleh militer Indonesia.
Perusahaan pertahanan Swedia Saab akan menyediakan sistem senjata remote control dan sistem manajemen pertempuran untuk prototipe X18 Fire Support Vessel (FSV) yang akan diakuisisi oleh Departemen Pertahanan Indonesia, ungkap perusahaan kepada IHS Jane pada 18 Februari di Singapura Airshow 2016.
FSV-X18, lebih sering disebut sebagai ‘Tank Boat’, adalah sebuah platform konsep boat bersenjata meriam sepanjang 18 m yang dikembangkan oleh pembuat kapal Indonesia PT Lundin. Sebuah model platform ditampilkan di pameran IndoDefence 2014 di Jakarta.
“Prototipe nantinya adalah hasil kerjasama antara industri pertahanan Indonesia dan beberapa pemasok asing”, kata Peter Carlqvist, wakil presiden Saab dan kepala kantor perusahaan Saab di Indonesia. “Saab akan memasok remote weapon station Trackfire dan varian sistem pertempuran buatan perusahaan kami”, katanya, menambahkan bahwa produk yang diajukan Saab serupa dengan sistem manajemen tempur 9LV.
Tank Boat memiliki beam 6.1 m, draught 0.9 m dan kecepatan tertinggi 30 knot. Dengan kapasitas bahan bakar 6.000 liter, X18 memiliki jangkauan operasi hingga 350 mil laut pada kecepatan 25 knot dan 900 mil laut dengan kecepatan ekonomis 9 knot. Senjata utama FSV adalah meriam 105 mm high-pressure Cockerill buatan CMI Defence dari Belgia.
Meskipun kontrak untuk prototipe belum ditandatangani, Kementerian Pertahanan telah memberikan persetujuan agar pembangunannya segera dimulai. “Kita mengharapkan kontrak agar diresmikan segera”, kata Carlqvist seraya menambahkan prototipe tank boat bisa diselesaikan dan diuji dalam waktu sekitar 24 bulan.
Janes/jkgr
Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment