Berita Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Wilayah Kedaulatan NKRI serta Militer Negara Sahabat

20 February 2016

Rusia Tambahkan Rudal Hipersonik di Kapal Perangnya

10:38 AM Posted by Ikh Sanudin No comments
(© Lev Fedoseev/TASS)
(© Lev Fedoseev/TASS)
MOSCOW:(DM) - Kapal perang Rusia Pyotr Veliky (Peter the Great) akan dilengkapi dengan rudal hipersonik 3M22 generasi baru pada upgrade 2019-2022 yang diperuntukkan hanya bagi kapal operasional Angkatan Laut Rusia bertenaga nuklir, kapal militer nuklir di dunia yang bukan sebuah kapal induk.
“The Pyotr Veliky akan mulai melakukan perbaikan pada kuartal ketiga atau keempat tahun 2019. Perbaikan dan upgrade akan selesai pada akhir tahun 2022. Kapal dilengkapi dengan rudal anti-kapal Zircon hipersonik,” kata pelaku industri perakitan kapal kepada kantor berita TASS.
“Rudal ini menjalani uji pengembangan dan akan memasuki layanan jika berhasil,” kata sumber itu, tanpa menentukan tanggal uji coba.
Sumber industri pertahanan lain mengatakan bahwa cruiser, kode Project 11442 dan memiliki nama NATO Kirov-class, akan dilengkapi dengan 10 sistem peluncuran 3S-14 untuk menembakan Onyx, Kalibr dan rudal Zircon.
Russian nuclear cruiser "Petr Velikiy" (Peter The Great) former "Yuriy Andropov" at her anchorage position off Toulon harbour on 6 november 2008. (St├ęphane Saissi)
Russian nuclear cruiser “Petr Velikiy” (Peter The Great) former “Yuriy Andropov” at her anchorage position off Toulon harbour on 6 november 2008. (St├ęphane Saissi)
Editor-in-chief dari jurnal National Defense, Igor Korotchenko mengatakan bahwa rudal baru akan meningkatkan karakteristik tempur, survivability dan kemampuan menembak kapal serta memperluas ruang lingkup misi tempurnya di berbagai operasi laut.
Menurut beberapa sumber, berbagai rudal terbaru mungkin memiliki kecepatan hingga 400 kilometer per jam, atau lima kali lebih cepat dari kecepatan suara.
Persenjataan utama Pyotr Veliky saat ini adalah rudal anti-kapal Granit dan sistem rudal pertahanan udara Fort, analog angkatan laut dari sistem S-300.
Rusia Tambahkan Rudal Hipersonik di Kapal Perangnya (3)
Proyek 11.442 Pyotr Veliky dengan rudal cruiser ini dirancang untuk menenggelamkan kapal musuh, menghancurkan target darat dan menyediakan pertahanan udara. Kapal tersebut diluncurkan pada tahun 1989 dan mulai bertugas di Angkatan Laut Rusia pada tahun 1998. Kapal ini memiliki kekuatan penuh hingga 140.000 hp dengan kecepatan 31 knot. Memiliki jumlah awak 728 orang, Pyotr Veliky membawa helikopter Kamov Ka-27.
TASS/jkgr
Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment