Berita Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Wilayah Kedaulatan NKRI serta Militer Negara Sahabat

05 February 2016

‘Supermanuver’ Kapal Selam Kilo class

9:09 PM Posted by Ikh Sanudin No comments
MOSCOW:(DM) - Kapal selam Kilo adalah salah satu kapal selam yang paling tenang dan silent, kalimat itu mungkin sudah sering kita dengar, tapi ada satu lagi keistimewaan kapal selam Kilo.
Terlepas kapal selam ini belum memiliki teknologi maju seperti Air Independent Propultion (AIP), kapal selam ini adalah salah satu yang paling lincah dalam bermanuver.
Kilo adalah satu kapal selam yang dilengkapi sayap depan yang ‘supermanuver’. Sayap depan (foreplanes) Kilo bisa dilipat yang sangat membantunya melakukan manuver ekstrem, seperti menanjak dan menukik dengan cepat, juga karena bisa dilipat, Kilo bisa berenang melewati selat-selat yang sempit.
The crew of a Russian Kilo-class diesel submarine line up on its deck during a naval parade rehearsal at the harbour of Russia's far eastern city of Vladivostok, July 23, 2010. Russia will mark its Navy Day on Sunday. REUTERS/Yuri Maltsev (RUSSIA - Tags: MILITARY ANNIVERSARY) - RTR2GNLU
Foreplanes yang sangat fleksibel juga membantunya melakukan manuver pengereman yang ekstreem. Sekedar diketahui, kapal selam dari Rusia terkenal memiliki manuver-manuver yang sangat gila dan khas, salah satunya adalah manuver ‘Crazy Ivan’.
Salah satu manuver ‘Crazy Ivan’ adalah pengereman mendadak dan mematikan semua mesin-mesinnya dengan cepat saat dikedalaman. Manuver ini terutama untuk mendeteksi kapal selam musuh yang mungkin mengikutinya dari belakang secara diam-diam, namun manuver ini bisa berakibat sangat fatal, andai ada kapal selam musuh yang mengintai dari belakangnya melalui area ‘Baffle’ atau area blind spot..(area yang tidak bisa dideteksi sonar kapal selam Kilo), kedua kapal selam bisa bertabrakan dan itu bisa berakibat fatal.
Karena pergerakannya yang gila dan lincah itu, pantaslah jika pihak Barat sangat menakuti kapal selam Kilo class.
jkgr
Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment