Subscribe:

12 March 2012

Militer Korsel Siap Tanggapi Serangan Korut

Seoul (AFP/ANTARA) - Pemimpin militer Korea Selatan mendesak angkatan laut pada hari Senin untuk membalas serangan Korea Utara apapun, seiring dengan menguatnya keamanan Seoul sebelum forum besar.

Jenderal Jung Seung-Jo, pemimpin Joint Chief of Staff, menghimbau para pelaut tetap waspada, dan mengatakan bahwa angkatan laut Korut akan meningkatkan aktivitas mereka pelabuhan mereka yang telah berhenti beroperasi telah diperbaiki.

"Korut dapat memprovokasi kita sewaktu-waktu...kalian harus menggunakan kesempatan untuk segera meluncurkan serangan balasan dengan persenjataan yang ada," ujarnya saat kunjungan di markas angkatan laut di pelabuhan sebelah barat Pyeongtaek.



"Jika musuh memprovokasi kita, kami akan membantu kalian untuk meluncurkan serangan balasan dengan tentara gabunganm sehingga musuh akan menyesali serangan yang mereka lakukan," ujarnya.

Jung menghimbau angkatan laut untuk tetap waspada sebelum Pertemuan Keamanan Nuklir pada 26-27 Maret di Seoul yang melibatkan beberapa pemimpin dunia. Presiden AS Barack Obama juga dijadwalkan akan hadir dalam acara tersebut.

Korut mengecam acara tersebut sebagai sebuah "sandiwara" yang ditujukan untuk menjustifikasi serangan atom Korsel dan sekutunya AS.

Pyongyang semakin berseteru dengan Seoul sejak Kim Jong-Un mengambil alih kekuasaan ayahnya, Kim Jong-Il, yang meninggal pada bulan Desember lalu.

Pekan lalu, Menteri Pertahanan Korsel, Kim Kwan-Jin mendesak tentara untuk membalas balik jika diprovokasi oleh Korut.

Ketegangan militer kedua negara semakin bertambah sejak Seoul menuduh Korut menembakkan sebuah torpedo pada sebuah kapal perang bulan Maret 2010 dan menewaskan 46 orang.

Korut menolak bertanggung jawab atas serangan tersebut namun membombardir perbatasan pulau Korsel pada bulan November 2010 dan menewaskan empat orang. (ik/mp)
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...