Berita Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Wilayah Kedaulatan NKRI serta Militer Negara Sahabat

24 September 2012

TNI AL Manfaatkan Bandara Trunojoyo Untuk Latihan Terbang

2:29 PM Posted by Unknown No comments

Sumenep (beritajatim.com) - Pusat penerbangan TNI AL melirik pemanfaatan bandar udara (bandara) Trunojoyo Sumenep untuk latihan penerbangan.
Komandan pusat penerbangan TNI AL, Laksamana Pertama Sugianto, Senin (24/09/12) menjelaskan, pihaknya datang langsung ke Sumenep untuk menjajaki upaya kerjasama yang kondusif dan saling menguntungkan.

"Ini silaturahmi kami ke Pemda, terkait kerja sama pemanfaatan Bandara Trunojoyo. Dari hasil presentasi, Bandara Trunojoyo sudah siap digunakan karena sudah memenuhi standar keselamatan penerbangan," katanya.

Sugianto memaparkan, pihaknya akan memanfaatkan untuk latihan penerbangan, baik untuk pilot lama maupun untuk mencetak pilot baru. "Ini juga sebagai upaya meningkatkan profesionalisme pilot-pilot TNI AL yang selama ini melakukan latihan penerbangan di Juanda," ujarnya.


Menurut Sugianto, Bandara Juanda sudah sangat padat, sehingga pihaknya harus mencari alternatif lokasi latihan penerbangan seperti Bandara Trunojoyo. "Ya mudah-mudahan saja pemanfaatan bandara Trunojoyo untuk latihan penerbangan TNI AL ini bisa mempelopori penerbangan-penerbangan sipil seperti keinginan masyarakat," ungkapnya.

Sugianto mengatakan, pemanfaatan Bandara Trunojoyo akan dilakukan sesegera mungkin, mengingat dari hasil survey sudah dinyatakan layak untuk dijadikan lokasi latihan terbang. "Kami tinggal perintahkan pilot, untuk menggunakan bandara Trunojoyo.

Mungkin minggu depan lah. Toh dari sarana dan prasarana di Bandara Trunojoyo sudah dinyatakan aman dan layak," tandasnya.
Sementara Bandara Trunojoyo sejak 2010 juga sudah dimanfaatkan oleh Merpati Nusantara Airlines untuk Flying School (Sekolah Penerbangan) pada tahun 2010.  

[tem/kun] beritajatim

0 komentar:

Post a Comment