Berita Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Wilayah Kedaulatan NKRI serta Militer Negara Sahabat

03 October 2012

Alutsista Baru Akan Unjuk Gigi di HUT TNI

9:21 PM Posted by Unknown No comments

Helikopter colibri TNI AU melakukan manuver di Bandara Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur saat gladi HUT ke-67 TNI, Rabu (3/10/2012). Sejumlah atraksi militer seperti penerjunan, manuver pesawat dan gelar pasukan akan dipertunjukkan pada acara HUT 5 Oktober mendatang.

JAKARTA, KOMPAS.com - Peringatan hari ulang tahun ke-67 Tentara Nasional Indonesia (TNI) pada 5 Oktober 2012, akan diwarnai aksi sejumlah alat utama sistem senjata (alutsista baru). Gladi resik dilakukan hari ini, Rabu (3/10/2012), dengan menampilkan pesawat tempur Super Tucano buatan Brazil. Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono mengatakan, alutsista yang ditampilkan relatif baru.


"Tidak semua alutsista ditampilkan. TNI akan menampilkan alutsista yang relatif baru yaitu yang dibeli di antara tahun 2010 sampai 2012," kata Agus, dalam jumpa pers, seusai gladi resik di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Agus mengakui, alutsista baru TNI sampai kini belum sepenuhnya dapat mencapai tingkat standar kemampuan penangkalan. Adapun, alutsista baru yang akan unjuk gigi pada 5 Oktober mendatang adalah pesawat tempur Super Tucano buatan Brazil, Heli EC-120B, Sukhoi, Mi-17, Mi-35 serta Nbell-412.
"Untuk Leopard tidak dapat ditampilkan karena akan datang November nanti," kata Agus.

Ia menambahkan, ditampilkannya sejumlah alutsista baru merupakan bentuk apresiasi terhadap pemerintah dan DPR yang telah menaikkan anggaran TNI. Menurutnya, naiknya anggaran menunjukkan adanya perhatian lebih dalam peremajaan Alutsista TNI. Secara bertahap, anggaran pertahanan negara mengalami kenaikan dalam RAPBN 2012 sebesar Rp 64,4 triliun. Angka tersebut direncanakan akan kembali naik pada tahun 2013 sebesar Rp 77,7 triliun.

"Tentunya, secanggih apapun alutsista kalau tanpa didasari sumber daya manusia TNI yang mumpuni tidak ada gunanya. TNI selain meningkatkan kualitas alutsista juga akan meningkatkan profesionalitas prajurit," ujar Agus.

 KOMPAS

0 komentar:

Post a Comment