Berita Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Wilayah Kedaulatan NKRI serta Militer Negara Sahabat

05 October 2012

Hari Ini Pesawat TNI AU Siap Unjuk Gigi

6:44 AM Posted by Unknown No comments
foto
Pesawat CN 295 milik TNI AU di Pangkalan Udara Lanud Halim Perdanakusuma, 4-10, 2012. TEMPO/Wisnu Agung Prasetyo.

 TEMPO.CO , Jakarta: Ulang tahun TNI akan dimeriahkan dengan pameran alat utama sistem pertahanan. Kepala Satuan Angkatan Udara Marsekal Imam Safaat mengklaim peralatan militer Tentara Nasional Angkatan Udara siap beratraksi, termasuk pesawat baru CN-295 dan pesawat Super Tucano. "Alutsista baru yang kami miliki sudah laik untuk beratraksi besok," kata Imam kepada Tempo, Kamis, 4 Oktober 2012.


Imam mencontohkan, dua unit pesawat CN-295 yang baru diserahterimakan oleh Kementerian Pertahanan siang tadi. Keduanya sudah diujiterbangkan oleh pilot saat dibawa dari PT Dirgantara Indonesia Bandung ke bandara Halim Perdanakusuma Jakarta. Lagipula, dia melanjutkan, penerbang Angkatan Udara sudah sering menerbangkan CN-235 yang tak banyak berbeda dengan CN-295.

Soal kesiapan pesawat, Imam yakin armada barunya siap. Alasannya, sebelum dikirim dari Airbus Military Spanyol, dua unit pesawat baru tersebut sudah melewati proses uji kelaiakan. "Di sana (Spanyol) sudah melalui proses acceptance," kata Imam.

Begitu juga dengan empat unit Super Tucano yang akan beraksi besok, Imam yakin pada penerbang-penerbang handal dari angkatannya. Mereka, kata dia, sampai saat ini masih dimentori oleh penerbang dari Brazil.

Soal anggaran, Imam menolak menjelaskan. Anggaran yang dipersiapkan hanya untuk konsumsi dan akomodasi bagi para penerbang. "Ya sekitar Rp 50 ribu per orang dengan total personil angkatan udara 300 orang," ujarnya.

 TEMPO

0 komentar:

Post a Comment