Berita Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Wilayah Kedaulatan NKRI serta Militer Negara Sahabat

12 October 2012

Konvoi Kapal Perang RI Mendapat Ancaman di Kaltim

9:32 AM Posted by Unknown No comments
Kegiatan SAR dengan mengunakan pesawat helly dan selanjutnya dilaksanakan perawatan medis di kapal peranh jenis umah sakit KRI Soeharso-990

Konvoi Kapal Perang RI Mendapat Ancaman di Kaltim
Peran helli. Sebuah helli diterbangkan dari KRI Banjarmasin-592 dalam rangka melaksanakan evakusi medis prajutir pasukan pendarat di KRI Teluk Mandar-514 yang sakit dan prajurit jatuh di laut sesuai dengan prosedur tetap , di perairan Laut Jawa (11/10/20

Surabaya,POL
KONVOI unsur kapal perang yang tergabung dalam Komando tugas gabungan amfibi ( Kogasgabfib) dipimpin Paangarmabar Laksda TNI Sadiman,S.E selaku Panglima Komando Tugas gabungan Amfibi (Pagkogasgabfib) mendapat ancaman kapal permukaan pada saat melaksanakan lintas laut di Pulau Jawa  menuju perairan Sangatta Kalimantan Timur.


Saat unsur-unsur konvoi kapal perang membentuk manuver taktis   KRI Teluk Mandar -514, KRI Teluk Ratai-509, KRI Teluk Sampit -515,  jenis Froch KRI Celukan Bawang-532 dan KRI Teluk Cendrawasih-533 , dan kapal markas KRI Banjarmasin-592.serta kapal bantu KRI Arun-903 dan Kapal rumah sakit  KRI Dr. Soeharso- 990  dilaksanakan evakusi medis dengan menggunakan pesawat Helli.

Dalam latihan evakuasi medis tersebut, helly diterbangkan dari kapal markas KRI Banjarmasin -593  menuju KRI Teluk Mandar -514 yang disimulasikan ada seorang prajurit yang sakit dan perlu dilaksanakan tindakan medis operasi lanjutan di kapal rumah sakit Dr Soeharso-990.
Berikutnya dilaksanakan latihan SAR di laut  terhadap seorang prajurit pasukan pendarat yang jatuh di laut  dan selanjutnya dilaksanakan kegiatan SAR dengan mengunakan pesawat helly  dan kemudian dilaksanakan perawatan medis di kapal peranh jenis umah sakit KRI Soeharso-990.

Kegiatan evakuasi medis dengan menggunakan helly dilaksanakan sebagai uji kesiapan tim medis dan kesiapan para penerbang pilot helly serta kesiapan tim PMK di Landing Platform Dock (LPD) KRI Banjarmasin -592 .

Tim PMK sesuai dengan prosedur tetap(protap) yang berlaku  dalam setiap pelaksnaaan peran helli selalu menyiapkan peralatan PMK dan personel dengan kelengkapan baju tahan api ,selang PMK dan bahan cair dalam rangka mendukung pelaksanaan Peran helly .

pelitaonline

0 komentar:

Post a Comment