Berita Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Wilayah Kedaulatan NKRI serta Militer Negara Sahabat

30 October 2012

Mahasiswa Universitas Pertahanan Kunjungi Koarmabar

9:53 PM Posted by Unknown No comments
 ilustrasi
Jakarta 30 Oktober 2012 , — Panglima Komando Armada RI Kawasan Barat Laksda TNI Sadiman, S.E diwakili Asisten Perencanaan Pangarmabar Kolonel laut (P) M Zainudin, S.H., menerima kunjungan Mahasiswa Pasca Sarjana Universitas pertahanan Indonesia dipimpin Wadan Sekolah Pengkajian Pertahanan Strategis (SKPS) Unhan Indonesia Brigjen TNI Ferdinand Imanuel di gedung Yos Sudarso, Mako Koarmabar, Jalan gunung Sahari, Jakarta pusat,Selasa (30/10).
 
Dalam kunjungan mahasiswa Unhan program studi manajemen Pertahanan dan ekonomi pertahanan tersebut, Pangarmamabar diwakili Asrena Pangarmabar Kolonel laut (P) M Zainudin, S.H., memberikan ceramah pembekalan dengan materi tentang “Peran Koarmabar dalam system pertahanan Negara “.
 
Pada awal pembekalan para mahasiswa tersebut diputarkan tentang profil Koarmabar yang memvisualkan secara garis besar gambaran tugas pokok Komando Armada RI Kawasan Barat sebagai Kotama Operasioanal dan Kotama Pembinaan.
 
Selanjutnya guna mendalami materi pembekalan tersebut diatas, disampaikan secara lengkap tentang tugas pokok dan gambaran wilayah kerja yang menjadi tanggung jawab serta kegiatan operasional yang digelar Komando Armada RI kawasan Barat.
 
Lebih lanjut disampaikan tentang wilayah Indonesia bagian Barat merupakan kawasan laut yang bernilai strategis karena adanya hasil tambang, obyek vital nasional maupun sebagai jalur utama pelayaran regional dan internasional . Selain itu disampaikan kawasan laut wilayah barat berbatasan langsung dengan negara  tetangga yang menjadi batas kedaulatan maupun batas yuridiksi nasioanal, terdapat 32 pulau terluar dan 4 diantaranya sebagai base point pengukuran batas wilayah NKRI dengan Negara tetangga.
 
Dalam ceramah pembekalan juga disampaikan tentang kebijaksanaan pembinaan kekuatan, kebijakan pembinaan kemampuan serta kebijakan gelar kekuatan Komando Armada RI Kawasan Barat.
 
Demikian pula disampaikan tentang pelaksanaan gelar operasi yang dilaksanakan Gugus Tempur Laut Komando Armada RI kawasaan Barat ( Guspurla Koarmabar) dan Gugus keamanan laut Komando Armada RI kawasan Barat (Guskamla Koarmabar).
 
Sedangkan kegiatan operasi yang digelar meliputi Operasi militer perang (OMP) dan operasi militer selain perang (OMSP) termasuk operasi patroli terkoordinasi dengan negera tetangga yang meliputi Patkor Malindo (Malaysia –Indonesia), Patkor Indindo ( India dengan Indonesia ), Patkor Optima Malindo ( Malaysia dengan Indonesia ), Patkor Indosin ( Indonesia dengan Singapura), patkor Indothai ( Indonesia dengan Thailand).
 
Selain itu untuk pembinaan kekuatan matra/antar matra, menyelenggarakan latihan matra untuk melatih ketrampilan perorangan, satuan dan antar satuan di jajaran koarmabar, latihan bersama dengan angkatan laut negara tetangga dan latihan gabungan .
 

0 komentar:

Post a Comment