Subscribe:

11 October 2012

Ratusan Jeep PD II Terkubur di Dasar Laut Morotai

Bangkai kendaraan tempur amphibi sisa Perang Dunia II (PD II) di Desa Darame, Morotai, Maluku Utara. Morotai punya banyak peninggalan PD II seperti kendaraan tempur dan sisa-sisa perang lainnya yang tersebar di darat dan laut.

Jakarta (ANTARA News) - Ratusan mobil model Jeep peninggalan Perang Dunia (PD) II masih teronggok di dasar laut Moratai, Maluku Utara, kata Direktur Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Surya Helmy.

"Masih ada ratusan Jeep yang tertumpuk di dasar laut, Jeep yang diceburkan ke laut oleh pasukan Jepang saat meletus Perang Dunia II," katanya pada acara "Temu Redaktur Kebudayaan Se-Indonesia 2012" di Jakarta, Kamis.



Ia mengatakan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sudah mengidentifikasi keberadaan mobil-mobil peninggalan zaman perang itu. Namun tidak dijelaskan kapan peninggalan sejarah itu akan diangkat ke daratan.





Helmy menjelaskan pula bahwa saat ini tank-tank peninggalan perang di Morotai yang jumlahnya sudah menyusut dari 42 unit menjadi dua unit, 40 diantaranya sudah hilang.

"Artinya, sekarang kita hanya mengharapkan peninggalan-peningalan bawa laut karena sisa yang ada di darat sudah kita amankan semua," katanya.

Menurut dia, selanjutnya pemerintah akan membangun museum Perang Dunia (PD) II Trikora di Moratai, tempat bersejarah dengan tujuh landasan pacu pesawat terbang yang dibangun Pemerintah Amerika Serikat pada masa PD II.

"Jadi begitu hebatnya wilayah itu, Amerika Serikat menjadikannya sebagai basis untuk mengalahkan Jepang dalam perang dunia II," katanya.


 ANTARA News
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...