Berita Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Wilayah Kedaulatan NKRI serta Militer Negara Sahabat

24 November 2012

Dua OV-10 Bronco AU Venezuela Tabrakan di Udara

1:09 AM Posted by Unknown No comments

Nahas dialami dua pesawat tempur OV-10 Bronco AU Venezuela, Kamis (22/10). Ketika sedang berlatih di udara untuk memeriahkan Hari Penerbangan Militer, keduanya bertabrakan di udara. Seorang instruktur penerbang, Mayor Jose Rafael Marin, gugur dalam musibah ini, sementara tiga penerbang lainnya berhasil menyelamatkan diri dengan kursi lontar.

Kecelakaan terjadi di wilayah Lanud Libertador. Untuk itu Ketua Parlemen Diosdado Cabello menyatakan belasungkawa kepada pihak keluarga dan Menteri Penerangan Venenuela segera mengumumkan kejadian ini lewat jejaring media sosial. “Sebuah kecelakaan terjadi dalam latihan untuk parade Military Aviation Day. Seorang pilot pemberani gugur. Info resmi menyusul,” begitu tulisanya, Kamis kemarin.


Mayor Marin dikatakan pemberani karena dalam detik-detik kritis setelah bertabrakan masih bisa mengarahkan pesawat menjauh dari wilayah perumahan. Satu dari tiga penerbang yang selamat adalah rekan sepesawatnya. Marin tampaknya telah memerintahkan untuk segera keluar dengan kursi lontar, sementara dirinya mengalihkan pesawat ke tempat yang tak berpenduduk. Tapi, sampai pesawat menghujam ke tanah, dia tak kunjung keluar dengan kursi lontar.

 OV-10 Bronco adalah pesawat kursi ganda antiserangan gerilya (COIN) bermesin turbopropeller yang cukup populer di dunia. Pada tahun 1970-an Indonesia pernah membeli satu skadron dari AS, namun telah dipensiunkan beberapa tahun lalu oleh sebab masalah teknis dan usia. Skadron OV-10F Bronco TNI AU kini telah diganti dengan Skadron EMB-314 Super Tucano, berkedudukan di Malang, Jawa Timur. (adr)

 angkasa

0 komentar:

Post a Comment