Berita Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Wilayah Kedaulatan NKRI serta Militer Negara Sahabat

10 November 2012

Komodo Nama Panser Baru Indonesia

10:33 PM Posted by Unknown No comments

Metrotvnews.com, Jakarta: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memberikan nama komodo pada kendaraan tempur produksi PT Pindad berjenis panser intai. Komodo diharapkan dapat memberikan kemenangan dan kejayaan bagi Indonesia.

"Kepada para prajurit, ini adalah kendaraan taktis karya putra-putri Indonesia yang InsyaAllah akan menjadi kendaraan taktis yang handal bisa bergerak di segala bidang, cuaca, bertempur di medan-medan Indonesia, saya beri nama komodo," kata Presiden SBY ketika meninjau pameran Indodefence 2012 di Jakarta, Sabtu (10/11) siang.

Kendaraan tempur taktis berjenis panser dengan penggerak empat roda (4x4) ini memiliki kemampuan yang handal di berbagai medan. SBY yakin kendaraan taktis (rantis) ini akan dapat membawa kemenangan bagi setiap pertempuran Indonesia.

"Semoga kendaraan taktis ini benar-benar handal, bisa bertempur dan tentu membawa kemenangan dan kejayaan bagi indonesia," harap SBY.


Alasan SBY menamakan panser seperti jeep ini Komodo lantaran adalah hewan yang perkasa dan hanya ada di bumi Indonesia. Presiden SBY bahkan sempat masuk ke dalam Komodo dan duduk dibangku depan.

Adapun spesifikasi teknis dari Komodo yakni, menggunakan mesin diesel turbo ini memiliki berat kosong 10 ton. Kemampuan daya jelajah rantis ini cukup mumpuni dengan kecepatan maksimal 100 km per jam dengan enam percepatan manual. Sekilas Komodo mirip dengan Humvee, kendaraan taktis milik Marinir AS.

Komodo mampu membawa lima hingga sebelas orang di dalam kendaraan lapis baja sepanjang 5,4 meter ini. Kendaraan produksi PT Pindad ini juga telah melalui serangkaian uji statis, uji tipe dan uji dinamis dari Bandung menuju Balaraja. Komodo mampu bertahan dari terjangan peluru hingga 7,62 mm.

Selain itu, Komodo juga telah meraih sertifikasi kendaraan tempur (ranpur) multiguna dari TNI AD. Komodo direncanakan akan diproduksi hingga 240 unit.

Disebutkan, sejumlah institusi sudah memesan. Adapun instansi yang sudah memesan Komodo yakni Kopassus dan Brimob. Komodo pertama kalinya tampil Indodefence 2012 dan menarik perhatian sejumlah pengunjung dan personel militer yang hadir.(MI/BEY)

 Metrotvnews

0 komentar:

Post a Comment