Berita Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Wilayah Kedaulatan NKRI serta Militer Negara Sahabat

17 January 2013

Jepang Siap Pasang Radar di Wilayah Sengketa

10:25 AM Posted by Unknown No comments

Foto : Pasukan Beladiri Jepang (IST) 
Foto : Pasukan Beladiri Jepang (IST)
TOKYO:(DM) - - Jepang berniat memasang perangkat militernya di dekat pulau yang dipersengketakan dengan China. Kementerian Pertahanan Jepang akan meminta dana untuk melakukan studi mengenai instalasi radar dan sistem komunikasi itu.

"Studi adalah bagian dari rencana kami untuk mengoperasikan radar di pulau yang terletak di bagian selatan dengan fleksibilitas," ujar juru bicara Kementerian Pertahanan Jepang, seperti dikutip AFP, Kamis (17/1/2013).

Rencana itu muncul setelah Jepang mempertimbangkan untuk mengerahkan jet tempur F-15 di Pulau Shimoji. Pulau tersebut adalah pulau kecil di Laut China Timur yang berdekatan dengan wilayah sengketa, Pulau Senkaku (China menyebutnya Diaoyu).

China pun menilai, pengerahan F-15 Jepang ke wilayah sengketa itu adalah tindakan yang berlebihan. China turut mengancam Jepang, bila jet tempur itu ditambah, Jepang akan menerima konsekuensi dari tindakannya.

Meski demikian Menteri Pertahanan Jepang Itsunori Onodera langsung menepis laporan yang diutarakan pejabatnya mengenai radar tersebut. Menurut Itsunori, Jepang masih mempelajari cara untuk menjaga keamanan di wilayah perairannya.

Ketegangan maritim antara Negeri Panda dan Negeri Sakura terus memanas belakangan ini. Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe yang baru saja naik, berjanji untuk bersikap tegas ketika berhadapan dengan China. Abe menegaskan, dirinya tidak akan berkompromi dengan China terkait sengketa pulau itu.

Sengketa itu terbukti memicu protes besar-besaran di China. Perusahaan-perusahaan Jepang pun sempat ditutup karena gelombang demonstrasi makin membesar. Sejauh ini, banyak pihak yang beranggapan bahwa protes itu didukung oleh Pemerintah China.(AUL)

0 komentar:

Post a Comment