Berita Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Wilayah Kedaulatan NKRI serta Militer Negara Sahabat

16 February 2013

Korut Akui Semenanjung Korea Rawan Perang

1:57 PM Posted by Unknown No comments
Foto : Militer Korut (IST)
PYONGYANG:(DM) - Korea Utara (Korut) memberi peringatan ke dunia bahwa situasi di Semenanjung Korea semakin tidak menentu. Hal yang sepele pun dinilai bisa memicu peperangan dalam skala besar.

"Skema provokasi yang dilakukan musuh kami terus menyebar terhadap peluncuran satelit kami yang dilakukan secara damai," ujar Pemerintah Korut, seperti dikutip KCNA, Kamis (14/2/2013).

Korut menjelaskan, sumber ketegangan di Semenanjung Korea bukanlah berasal dari program peluncuran roket Korut. Ketegangan itu muncul karena kebijakan negara-negara lain yang dipandang mengancam keadaulatan negeri komunis Korea itu.

Terkait uji coba senjata atom yang dilakukan dua hari yang lalu, Korut memandang hal itu sebagai tindakan untuk merespons kebijakan Amerika Serikat (AS). Seperti diketahui, Korut sangat kesal dengan AS dan Korea Selatan (Korsel) yang menggelar latihan militer gabungan. Korut memandang hal itu sebagai persiapan untuk menginvasi Korut.

Seorang pengamat Korsel berpendapat mengenai uji coba nuklir yang dilakukan Korut. Menurutnya, Korut memang nekat melakukan uji coba tersebut karena hal itu menjadi mekanisme yang tepat guna memperkuat rezim Korut.

"Korut menggunakan uji coba nuklir sebagai alat untuk memperkuat rezim dan mengkultuskan Kim Jong Un," ujar salah seorang profesor di Universitas Dongguk.(AUL)
 

0 komentar:

Post a Comment