Berita Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Wilayah Kedaulatan NKRI serta Militer Negara Sahabat

20 February 2013

Su-30MK2 Batch ke-3 Pesanan TNI-AU Segera Tiba

6:30 PM Posted by Unknown No comments

ARC:(DM) - Hanya dalam hitungan hari, Batch ke-3 Flanker pesanan TNI AU segera tiba di tanah air. Dijadwalkan, sebuah pesawat Su-30MK2 akan tiba di Lanud Sultan Hasanuddin Makasar pada Jumat 22 Februari mendatang. Sementara, sebuah lagi pesawat Su-30MK2 dijadwalkan akan tiba  tanggal 27 Februari ke tempat yang sama. Seperti biasa, pesawat Su-30Mk2 itu akan tiba dengan menumpang pesawat AN-124 dalam kondisi terurai. Selanjutnya, perakitan akan dilakukan di Makassar.

 dok. pengiriman sukhoi batch 2, foto ARC


Selain pesawat, informasi yang diperoleh ARC juga menyebutkan sejumlah suku cadang juga akan dikirim pada saat yang bersamaan. Salah satunya adalah mesin cadangan bagi keluarga Su-27/30. Seperti kita ketahui, kontrak pengadaan lanjutan yang ke-3 ini meliputi 6 buah Su-30MK2 dan berbagai jenis suku cadang termasuk mesin. Sementara itu, sisa 4 pesawat lainnya diperkirakan akan tiba pada bulan mei 2013, jika tidak ada aral melintang tentunya.

Kontrak 6 buah Su-30Mk2 ini di tandatangangi pada bulan desember 2011 dengan nilai sebesar US$ 470 juta. Dengan pengadaan ini, nantinya TNI AU akan mengoperasikan lengkap 1 skadron sejumlah 16 pesawat, yang terdiri dari 5 buah Su-27SK/SKM dan 11 buah Su-30MK/MK2. Paket persenjataan dibeli dalam kontrak terpisah.

Mengenai persenjataan berupa rudal udara ke udara maupun udara ke permukaan, belum ada informasi resmi kapan akan dikirim. Namun yang pasti saat ini beberapa kru Skadron 11 tengah melakukan pelatihan weapon delivery di Rusia.

ARC

0 komentar:

Post a Comment