Berita Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Wilayah Kedaulatan NKRI serta Militer Negara Sahabat

13 April 2013

Jepang Siapkan Aturan Agar Pasukan Beladiri Masuk ke Korut

12:30 AM Posted by Unknown No comments
Foto : Pasukan Beladiri Jepang (Times of Israel) 
Foto : Pasukan Beladiri Jepang (Times of Israel)
TOKYO:(DM) - Jepang mengumumkan, mereka siap mengamandemen undang-undangnya agar Pasukan Beladiri Jepang bisa diberikan mandat untuk menyelamatkan warga Negeri Sakura yang disandera di Korea Utara (Korut). Salah seorang pejabat senior Jepang mengatakan, isu ini sedang dibahas oleh Kementerian Pertahanan dan Partai Liberal Demokrat.

"Kami harus memiliki legislasi untuk menyelamatkan warga-warga Jepang yang diculik," ujar Wakil Menteri Pertahanan Jepang Shu Watanabe, seperti dikutip Sankei Shimbun, Jumat (12/4/2013).

Sejauh ini, Negeri Sakura terus mendesak negeri komunis Korea agar menjelaskan sedetil-detilnya mengenai kasus penculikan di era Perang Dingin itu. Beberapa laporan yang muncul menyebutkan bahwa warga Jepang yang diculik dipaksa untuk mengajari mata-mata Korut bahasa dan budaya Jepang.

Skandal penculikan itu menjadi salah satu hal yang memperburuk hubungan Jepang dan Korut. Pihak Korut selama ini menyatakan bahwa isu penculikan tersebut seharusnya sudah usai karena warga Jepang yang diculik sudah dipulangkan. Korut mengatakan pula, warga Jepang yang tidak dipulangkan sudah terlebih dulu meninggal saat masih berada di Korut.

Sampai saat ini Jepang tidak memiliki hubungan diplomatik Korea Utara. Kedua negara seringkali berseberangan dalam berbagai isu, termasuk sejarah kejahatan perang Jepang di Korea selama Perang Dunia II.

Jepang juga sering berseteru dengan Korea Selatan (Korsel) mengenai isu budak seks. Perseteruan itu mulai memanas sebelum Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe naik ke tampuk kekuasaan.

okezone

0 komentar:

Post a Comment