Subscribe:

07 May 2013

Dari Pesawat Terbang Sampai Ponsel Pintar, Ini Dia Produk Kebanggaan RI

imgJakarta:(DM) - Tahukah anda jika putra dan putri bangsa dapat membuat produk yang membanggakan? Jika anda mengetahuinya, maka tidak ada alasan untuk tidak mencintai dan membanggakan tanah air ini. Pasalnya, produk dalam negeri ini mampu bersaing di kancah internasional.

Sudah merupakan keharusan bagi warga negara agar mencintai produk-produk dalam negeri ini agar terus bisa bersaing dan menjadi nomor satu dunia internasional.

Seperti dirangkum detikFinance, Selasa (7/5/2013), mari melihat beberapa karya anak bangsa yang diantaranya sudah dipasarkan ke berbagai belahan dunia.

Pesawat Terbang

img
Melalui PT Dirgantara Indonesia (Persero), Indonesia siap berkompetisi dalam desain, pengembangan pesawat dan pembuatan pesawat baik sipil dan militer.

Sejak didirikan pada tahun 1976, perusahaan ini telah menghasilkan beberapa pesawat seperti CN235-220 dan NC-212-200. Pesawat buatan Dirgantara Indonesia juga sudah digunakan di Malaysia, Filipina, Korea Selatan, Pakistan dan Thailand. Rencananya ada 3 tipe pesawat seperti tipe NC 212, CN 235 dan CN 295 yang kembali ditawarkan ke negara lain.

Meskipun akan menjual pesawat ke luar negeri, ternyata Dirgantara Indonesia telah membuka pusat perwakilan untuk perawatan pesawat karya Dirgantara Indonesia, di beberapa negara seperti Pakistan, Korea Selatan, Filipina.

Helikopter

img

 Dirgantara Indonesia juga mampu memproduksi helikopter. Diantaranya, Helikopter NBO-105, Helikopter BELL-412 dan Helikopter NAS-332C1. Sebelumnya Dirgantara Indonesia sempat memproduksi helikopter canggih Super Puma namun kini tidak lagi memproduksi.

BUMN ini sedang memproduksi helikopter berteknologi tinggi dan lebih canggih yakni EC-725-Cougar. Saat ini PT DI sedang mengerjakan 6 helikopter Cougar pesanan TNI yang rencananya akan selesai dikerjakan pada 2014.

Kendaraan Tempur

img Jika bicara soal alutsista nasional berarti kita berbicara mengenai PT PINDAD (Persero). BUMN ini mampu memproduksi kendaraan tempur palng favorit yakni Panser 6x6 Pindad.

Kendaraan pengangkut personil (APC : Armoured personal carrier) dengan sistem penggerak 6 roda simetris ini dirancang khusus untuk kebutuhan TNI-AD khususnya satuan kavaleri Dirancang dan di produksi oleh anak bangsa khusus untuk TNI.

Selain Panser, Pindad juga memproduksi Kendaraan Taktis (Rantis APC) yang dirancang untuk peningkatan peformansi kemampuan tempur prajurit infantri dalam rangka mengejar dan mendekat pada sasaran musuh, hal ini dikenal dalam konsep Mechanized Infantry.

Dan baru saja, Pindad mampu menghasilkan produk militer berkelas dunia. Dari pabrik yang terletak di Bandung, Jawa Barat, Pindad berhasil menciptakan dan meluncurkan kendaraan perang versi ringan terbaru yakni Komodo 4X4.

Kereta Api

imgUntuk urusan Kereta Api maupun Kereta Listrik, PT Inka (Persero) yang memahami. Produk kereta api merupakan produk utama PT INKA. Ada 2 jenis produk utama PT INKA, yaitu kereta api penumpang dan gerbong. Kedua jenis produk ini dibuat menggunakan teknologi mutakhir pada bogienya dan pada tahap akhir pembuatan dilakukan berbagai uji coba.

Pada tanggal 17 April 2013 lalu, Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono juga baru meresmikan 10 set kereta rel listrik (KRL) Commuter Line untuk melayani jalur Stasiun Maja-Tanah Abang.
KRL ini diproduksi dengan tekhnologi untuk memaksimalkan efisiensi operasional dan memastikan kenyamanan penumpang. Setiap satu rangkaian kereta terdiri dari empat unit dengan formasi TC (Trailer Car) 1+MC (Motor Car) 1+MC2+TC2. Trailer Car berkapasitas duduk 54 orang dan 107 orang kapasitas berdiri. Sedangkan Motor Car berkapasitas duduk 64 orang dan 110 kapasitas berdiri.

Monorel

img
PT Inka (Persero) juga memproduksi monorel. Monorel sendiri adalah sebuah metro atau rel dengan jalur yang terdiri dari rel tunggal, berlainan dengan rel tradisional yang memiliki dua rel paralel dan dengan sendirinya, kereta lebih lebar daripada relnya. Biasanya rel terbuat dari beton dan roda keretanya terbuat dari karet, sehingga tidak sebising kereta konvensional.

PT Inka baru saja menggandeng PT Adhi Karya Tbk (ADHI) dan konsorsium BUMN lain untuk menggarap proyek monorel Jabodetabek serta mengusulkan konsep monorel non penumpang untuk angkutan kontainer.

Senjata

img
PT Pindad (Persero) ternyata juga telah mampu memproduksi produk militer kelas dunia. Mengadopsi teknologi dan ilmu dari Eropa dan NATO (North Atlantic Treaty Organization), Pindad telah memproduksi puluhan senapan tipe ringan hingga berat.

Bahkan Pindad memiliki kemampuan memproduksi hingga 40.000 senjata berbagai tipe per tahun. Dari senjata yang diproduksi, setidaknya ada produk senapan Pindad yang telah menjadi andalan.

Salah satunya, senapan serbu tipe SS2. Senapan ini, dirancang dengan konsep keandalan dan keakuratan yang bisa bersaing dengan M16 atau AK 47. Juga ada senapan sniper ala film Rambo, yang bisa menembak hingga jarak 2 km.

Mobil Listrik

img
City Car dengan kekuatan listrik juga telah diciptakan PT INKA yang diberi nama GEA (Gulirkan Energi Alternatif). Gea memiliki kapasitas sebesar 650 cc, dengan kecepatan maksimal mencapai 85 km/jam. Mobil Mikro GEA ini terdiri atas 2 jenis, yaitu MPV dan Pick Up.

 



 

Ponsel Pintar

img

PT INTI (Industri Telekomunikasi Indonesia) telah berkiprah dalam bisnis telekomunikasi selama 35 tahun. PT INTI mulai mencari peluang-peluang bisnis dalam industri IT, termasuk kemungkinan untuk bergabung dalam usaha mewujudkan salah satu mimpi dan tantangan terbesar Indonesia saat ini, yaitu membuat komputer notebook murah.

Namun PT INTI sebelumnya telah berhasil membuat ponsel pintar. Perusahaan BUMN ini mulai menghidupkan kembali line production manufacture untuk memproduksi customer premises equipment (CPE).

Untuk memproduksi CPE ini, PT INTI menggandeng PT Konten Indomedia Pratama (KIP), pemilik merek dagang IMO. Kerjasama yang baru saja ditandatangani oleh kedua belah pihak diharapkan bisa menjadi tonggak awal kebangkitan industri manufaktur handset dan telekomunikasi di Indonesia.

Di tahap awal, IMO memberikan order sebanyak 50 ribu unit ponsel per bulan kepada PT INTI. Harapannya, ke depan bisa mencapai 500 ribu unit per bulan.

Ponsel pintar IMO antara lain tipe IMO Discovery, IMO Glory, IMO Groovy dan IMO Normandy.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...