Berita Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Wilayah Kedaulatan NKRI serta Militer Negara Sahabat

08 May 2013

Korut Curi Informasi Kapal Induk AS

12:36 AM Posted by Unknown No comments
Foto : USS Nimitz (navydads)
SEOUL:(DM) - Korea Utara (Korut) berhasil mendapat informasi dini mengenai pengerahan kapal induk berenergi nuklir milik Amerika Serikat (AS) ke Korea Selatan (Korsel). Informasi itu mereka dapat dari salah satu situs perusahaan lokalnya di internet.

Tepat pada Minggu lalu, Korut marah dengan AS karena kapal induk USS Nimitz berbobot 97 ribu ton memasuki Semenanjung Korea. Korut menyebut latihan perang Korsel dan AS belakangan ini sebagai awal dari perang nuklir.

Pernyataan Korut cukup mengejutkan para pejabat Korsel karena Korut mengetahui keberadaan kapal induk itu jauh lebih dulu ketimbang Korsel. Beberapa pejabat Korsel pun mengatakan, ada informasi militer yang dibocorkan ke Negeri Komunis itu. Demikian, seperti diberitakan Korea Herald, Selasa (7/5/2013).

Kementerian Pertahanan Korsel langsung menggelar penyelidikan untuk mencari tahu, bagaimana Korut mendapatkan informasi itu. Mereka pun menemukan beberapa informasi mengenai kapal itu di internet.

Seperti diketahui USS Nimitz meninggalkan pelabuhan San Diego pada 19 April lalu, dan memasuki basis Armada ketujuh di Yokosuka, Jepang, pada Jumat pekan lalu. Kapal itu dipastikan bergabung dalam latihan maritim anti-kapal selam Korsel dan AS.

Latihan perang itu juga sudah dikecam keras oleh Korut. Tepat pada hari ini, Korut juga mengutarakan ancaman barunya ke AS dan Korsel. Bila latihan perang itu melanggar kedaulatan Korut, Korut takkan segan menyerang kedua negara itu.

Kementerian Pertahanan Korsel tidak menghiraukan ancaman yang dilancarkan Korut. Mereka mengatakan, selama pasukan AS dan Korsel masih ada, latihan perang itu akan terus berlanjut.

okezone

0 komentar:

Post a Comment