Berita Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Wilayah Kedaulatan NKRI serta Militer Negara Sahabat

05 June 2013

Kalah Jumlah, Oposisi Suriah Pertahankan Qusair

12:22 AM Posted by Unknown No comments
Pasukan Pemerintah Suriah (Foto: Daily Star)Pasukan Pemerintah Suriah (Foto: Daily Star)

DAMASKUS:(DM) – Oposisi Suriah terus mempertahankan posisinya di Kota Qusair. Padahal pasukan pemerintah bersumbar akan merebut kota itu dalam beberapa hari saja.

Pertempuran di Qusair kini telah memasuki minggu yang ketiga. Pasukan oposisi tidak hanya melawan pasukan pemerintah, mereka juga harus menghadapi militan Hizbullah yang membantu rezim Bashar al-Assad.

“Pasukan oposisi berhak mendapat pujian. Kegigihan mereka berhasil mengubah keadaan,” ujar pengamat pertahanan Amerika Serikat (AS) Jeff White, seperti dikutip Daily Star, Selasa (6/4/2013).

Pasukan oposisi tidak hanya kalah jumlah di Qusair, namun juga dalam persenjataan. Pasukan pemerintah mengebom basis pertahanan oposisi dengan jet tempur. Sedangkan pihak oposisi hanya membalas dengan senjata yang seadanya.


“Pasukan pemerintah merasa mereka bisa menyudahi perlawanan dengan mudah. Namun pasukan oposisi telah menyiapkan pertahanan sejak lama,” terang White.

“Mereka memasang jebakan di penjuru kota. Militan Hizbullah juga masih belum terbiasa dengan medan,” lanjutnya.

White menduga, cepat atau lambat Qusair akan tetap direbut pasukan pemerintah. Namun perlawanan gigih pasukan oposisi dapat dilihat sebagai kemenangan moral.
(ade)

okezone

0 komentar:

Post a Comment