Berita Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Wilayah Kedaulatan NKRI serta Militer Negara Sahabat

01 October 2013

Skadron Udara 1 Latihan Pemboman di AWR Siabu

6:56 PM Posted by Unknown No comments

(Foto: Lanud Supadio)

Pekanbaru::(DM) - Dua Flight pesawat Hawk 100/200 dari Skadron Udara 1 Lanud Supadio terbang rendah di kawasan kabupaten Kampar Provinsi Riau, tak lama berselang terlihat secara bergantian empat pesawat memuntahkan 8 bom aktif jenis MK-82 dengan sasaran yang berada di areal Tactical Range, Siabu, kawasan latihan penembakan udara ke darat Lanud Roesmin Nurjadin. Bunyi dentuman keras yang diiringi kepulan asap bewarna hitam pekat-pun membumbung tinggi ke angkasa tepat disasaran yang ditargetkan. Usai me-realese 8 bom tersebut, terlihat keempat pesawat kembali terbang rendah melihat perkenaan target, Senin (30/9).

Keempat pesawat tempur Skadron Udara 1 tersebut sedang melaksanakan latihan penembakan “Air to Ground Weapon Delivery” menggunakan Bom MK-82 Live yang dipimpin langsung oleh Danskadron Udara 1, Lanud Supadio, Letkol Pnb Radar Suharsono di AWR Siabu, Lanud Roesmin Nurjadin. Latihan Weapon Delivery yang digelar Skadron Udara 1 di Lanud Roesmin Nurjadin tersebut merupakan latihan profesiensi dengan tujuan meningkatkan kemampuan para penerbang Skadron Udara 1 dalam melaksanakan penembakan udara ke darat. Selain menggunakan bom MK-82 Live, pada latihan ini para penerbang juga me-realese Bom Latih Asap, roket jenis FFAR dan Bom Dummy Unit yang telah diselenggarakan selama satu minggu ini.

Direncanakan hari ini Skadron Udara 1 masih melaksanakan Air To Ground Weapon Delivery menggunakan Bom Latih Asap di lokasi yang sama. Pada latihan ini turut melibatkan satu tim Demolisi dari Depo 60, Madiun.

Sumber: TNI AU

0 komentar:

Post a Comment