Berita Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Wilayah Kedaulatan NKRI serta Militer Negara Sahabat

02 April 2014

Polandia dan Inggris Kembangkan Tank "Siluman"

12:40 AM Posted by Ikh Sanudin No comments
Perusahaan pertahanan Polandia OBRUM dan BAE System dari Inggris tengah mengembangkan tank siluman PLO-01, yang tak hanya bisa menghilang dari radar namun juga bisa

WARSAWA:(DM) — Sebuah perusahaan Polandia belum lama ini mengungkapkan telah memproduksi jenis "tank siluman" yang dengan peralatan inframerahnya bisa terlihat berubah wujud di mata musuh.

Prototipe tank PLO-01 itu memiliki berat 35 ton dan dioperasikan oleh tiga orang. Tubuh tank ini dilapisi keramik-keramik canggih yang bisa membuat tank ini tampak seperti, misalnya mobil, hanya dengan mengubah suhu keping-keping keramik itu.

Tank ini dikembangkan perusahaan pertahanan Polandia Obrum dan bekerja sama dengan perusahaan Inggris, BAE System.

Perusahaan ini mengembangkan keping-keping keramik berbentuk heksagonal yang bisa disesuaikan suhunya untuk membuat efek tank menghilang atau tampak seperti kendaraan biasa di tampilan radar musuh.

Tak hanya bisa "mengubah" wujud, tank ini juga bisa menyatu dengan latar belakangnya. Tank ini memiliki sensor inframerah untuk mendeteksi pola lingkungan sekitarnya yang kemudian disesuaikan dengan data infra merah yang sudah tersimpan.

Selain bisa "menghilang", tank ini dipersenjatai dengan meriam kaliber 105 atau 120 milimeter dengan kemampuan melepaskan enam tembakan dalam semenit.

Selain itu, tank ini masih diperlengkapi senjata tambahan, yaitu senapan mesin kaliber 7,62 atau 12,7 milimeter. Tank ini juga memiliki sistem pertahanan yang bisa mencegat roket yang ditembakkan ke arahnya.

Tank ini menggunakan mesin disel dengan kekuatan 940 tenaga kuda dan mampu mencapai kecepatan maksimal hingga 70 kilometer per jam di jalan aspal dan 50 kilometer per jam di jalan tanah dengan jarak tempuh maksimal 500 kilometer.

Tank ini mampu mengatasi jebakan parit dengan kemiringan 30 derajat dan lebar 2,6 meter. Selain itu, tank ini juga bisa berjalan di air dengan kedalaman 1,5 meter tanpa persiapan. Jika disiapkan lebih dulu, tank ini bisa berjalan dalam air dengan kedalaman lima meter.

Tank sepanjang tujuh meter ini diharapkan sudah bisa dioperasikan di medan perang sesungguhnya pada 2018.

KOMPAS
Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment