Berita Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Wilayah Kedaulatan NKRI serta Militer Negara Sahabat

26 June 2015

Kapal Selam Kilo Akhirnya tiba di Jakarta

11:02 PM Posted by Ikh Sanudin No comments

image

JAKARTA:(DM) - Tanggal 25 Juni 2015 kapal selam Improved Kilo yang berlayar dari Petersburg Rusia akhirnya tiba di Laut sekitar Jakarta. kapal selam “Black Hole in the Ocean” ini diangkut oleh kapal Kargo Rolldock Storm milik Belanda.

Kapal ini adalah kapal selam kelima pesanan Vietnam yang diantar oleh Rusia. Namun sesampainya di laut Jakarta, kapal ini melanjutkan perjalanan menuju Cam Ranh Bay, Vietnam.

image


“Rolldock Storm” with Vietnamese Kilo sub “Khanh Hoa” continues en route to Cam Ranh Bay (with stop in Singapore).


Belum diketahui, mengapa Rusia mengirim kapal selam Kilo ini ke Vietnam, tepat di depan hidung Indonesia, laut Jakarta.

Padahal Rusia bisa saja mengirimnya lewat Utara untuk mendapatkan lintasan yang lebih dekat. Bahkan untuk lintasan yang ditempuh kapal ini, Improved Kilo itu, bisa saja potong kompas melalui Terusan Suez Mesir, tanpa harus menempuh perjalanan jauh melewati Benua Afrika. Baru baru ini KRI Banjarmasin melakukan muhibah ke Eropa Italia. KRI Banjarmasin pun melalui Terusan Suez, untuk menghemat waktu tempuhnya.

KRI Banjarmasin melintasi Terusan Suez, Mesir, pulang dari Eropa, Italia ( FIRMANTO HANGGORO)

KRI Banjarmasin melintasi Terusan Suez, Mesir, pulang dari Eropa, Italia ( FIRMANTO HANGGORO)
Sebelumnya, kapal selam Kilo Haipong untuk Vietnam, juga dikirim Rusia lewat laut Jakarta.

image


Heavy-lift ship “Rolldock Star” with Vietnamese Kilo sub “Haiphong” nearing Jakarta; ETA Singapore: 19:00 GMT Jan 24 2015.

Dan inilah Kapal Rolldock Storm yang mengangkut kapal selam Kilo:

image


Dengan demikian sudah 5 kapal selam Kilo Rusia yang melintasi Laut Jakarta, untuk diantarkan ke Vietnam. Tidak musim panas, tidak musim dingin, semua kapal dilintaskan lewat Jakarta
JKGR
Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment