Berita Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Wilayah Kedaulatan NKRI serta Militer Negara Sahabat

16 July 2015

Jual Rahasia Militer ke Intelijen Asing, 4 Warga China Ditangkap

10:25 AM Posted by Ikh Sanudin No comments
Jual Rahasia Militer ke Intelijen Asing, 4 Warga China Ditangkap

Beijing:(DM) - Otoritas China menangkap empat warga sipil yang bekerja di sebuah perusahaan pertahanan. Mereka ditangkap atas tuduhan menjual rahasia militer ke badan-badan intelijen asing.

Menurut media pemerintah, China Radio International seperti dilansir kantor berita Reuters, Rabu (15/7/2015), para pegawai pertahanan itu diduga menjual rahasia mengenai pengujian, produksi dan penggunaan senjata mutakhir, berteknologi tinggi. Media tersebut mengutip badan keamanan negara di provinsi Sichuan.

Disebutkan bahwa keempat orang itu tidak saling mengenal satu sama lain meski mereka bekerja di perusahaan yang sama. Tidak disebutkan badan intelijen asing mana yang telah mendapatkan informasi rahasia tersebut. Namun media lokal melaporkan, agen-agen spionase asing telah mendekati keempat orang itu via media sosial.

Sebelumnya pada November 2014 lalu, seorang pria ditangkap di kota Qingdao karena memfoto sebuah pangkalan pesawat induk dan menjualnya ke seorang warga asing.


Hukum mengenai rahasia negara di China mencakup secara luas, mulai dari data industri hingga tanggal kelahiran para pemimpin negara. Dalam kasus yang berat, pencurian rahasia negara bisa dikenai hukuman penjara seumur hidup atau bahkan hukuman mati.

detik
Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment