Berita Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Wilayah Kedaulatan NKRI serta Militer Negara Sahabat

22 July 2015

Kurganets-25, Monster Laut Terbaru dari Rusia

9:57 PM Posted by Ikh Sanudin No comments

All Photo : Getty Images
All Photo : Getty Images
 All Photo : Getty Images

All Photo : Getty Images



All Photo : Getty Images
All Photo : Getty Images

All Photo : Getty Images
All Photo : Getty Images
All Photo : Getty Images
All Photo : Getty Images

MOSCOW:(DM) - Kurganets-25, sebuah kendaraan tempur buatan Rusia dengan tipe Infantry Fighting Vehicles atau biasa dikenal dengan IFV. Ranpur ini merupakan evolusi lanjutan dari keluarga BMP-3F, ranpur yang digunakan oleh marinir TNI-AL. Monster laut terbaru ini, digadang sebagai salah satu ranpur paling canggih saat ini.

Kurganets-25 diciptakan oleh pabrik Kurganmashzavod, sebagai spesies baru dalam keluarga BMP (Boyevaya Maschina Piekhota), merupakan ranpur yang bertugas menghantarkan prajurit menuju garis depan pertempuran. Dari sejarahnya kelahiran keluarga BMP, menciptakan ketakutan bagi NATO. Lantaran kemampuan berenang di laut, senjata meriam dan daya angkut pasukan yang tidak bisa disepelekan.

Kurganets-25 diciptakan dalam dua jenis Obiekt 695, dan Obiekt 693 dengan arah pengembangan yang berbeda. Sosok Kurganets-25 terhitung cukup besar, lantaran disekujur tubuhnya dilengkapi dengan EDZ (Elementy Dinamcheskoi Zaschity). Sistem ini dipercaya lebih kuat menahan serangan rudal dan meriam dibanding ERA (Explosive Reactive Armor) ciptaan Amerika. Kurganets-25 dilengkapi dengan firing port, atau lubang penembakan sehingga pasukan dapat menembak musuh dari dalam ranpur.

Kelahiran Kurganets-25 terhitung sangat revolusioner, ranpur ini menggunakan sistem kendali stick gamepad seperti pada permainan video game. Sistem ini sangat baru dan belum pernah dipergunakan pada ranpur, pengemudi mengendalikan ranpur ini seperti dalam permainan video game.

Kurganets-25 sebagai ranpur yang didapuk untuk tugas pendaratan amfibi, dilengkapi dengan waterjet. Sehingga ranpur ini dapat berenang di lautan, selain itu terdapat tabir pemecah ombak pada bagian depan ranpur. Seperti Armata, ranpur ini dilengkapi dengan System Afganit sebagai perisai pertahanan.

Sebagai kendaraan tempur, Kurganet-25 dilengkapi dengan kanon 2A42, senapan mesin kaliber 7,62mm, dan rudal Kornet-EM. Ranpur ini diawaki 3 orang, dengan mesin turbocharged yang mampu mendorong ranpur hingga kecepatan 80Km/perjam. Ranpur ini sanggup membawa 9 orang prajurit bersenjata lengkap. 
 
(TEMPO.CO)  JKGR
Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment