Berita Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Wilayah Kedaulatan NKRI serta Militer Negara Sahabat

27 September 2015

Vietnam Kembali Luncurkan Korvet dalam Negeri

9:03 AM Posted by Ikh Sanudin No comments
mol
mol0
mol4
mol9
mol-4
HANOI:(DM) - Angkatan Laut Vietnam, Kamis melakukan upacara pengibaran bendera untuk kapal cepat rudal ketiga dan keempat Molniya class, yang dibangun secara lokal dengan teknologi Rusia. Upacara untuk debut baru kapal berkode HQ379 dan HQ380, diadakan di pelabuhan Angkatan Laut Zona 2, di selatan provinsi Dong Nai.
Kapal-kapal ini dibangun oleh Ba Son Shipbuilding Corporation yang berada di bawah Kementerian Pertahanan Vietnam. Kapal ini akan diserahkan oleh kementerian untuk Brigade 167 Angkatan Laut Zona 2.
Kedua kapal berhasil melewati uji coba yang dilakukan Angkatan Laut Rakyat Vietnam dan kementerian pada bulan April tahun ini. Kapal perang ketiga dan keempat dari enam Molniya kelas, adalah kapal perang rudal yang dirancang berdasar versi Rusia di bawah perjanjian transfer teknologi yang ditandatangani oleh Vietnam dan Rusia pada tahun 2009.
Selain sistem radar modern yang dapat melacak target secara akurat, masing-masing kapal perang dilengkapi dengan 16 rudal Uran-E laut-ke-laut yang diatur ke dalam empat modul untuk peluncuran di setiap sisi dengan jangkauan 130 kilometer.
Setiap kapal perang memiliki dua ship-borne artillery systems AK-630 yang dapat menembakkan 4.000-5.000 peluru per menit dengan jangkauan 4-5 kilometer. Kapaljuga dilengkapi senjata otomatis AK-176M dengan jangkauan 15 kilometer untuk laut dan target darat, serta 11 kilometer untuk target udara.
Korvet ini dapat beroperasi di laut selama 10 hari berturut-turut, meskipun terpaan angin sekuat 74 kph dan mampu menyerang sasaran baik di udara dan di laut.
“Penerimaan dari dua kapal yang lebih telah menandai meningkatnya pertahanan Brigade 167,” ujar Kolonel Pham Khac Luong, Wakil Komandan dan Kepala Staf Angkatan Laut Zona 2.
Dua kapal yang pertama, HQ377 dan HQ378, telah diserahkan kepada Angkatan Laut Rakyat Vietnam pada Juli tahun lalu. Dua terakhir akan diberikan kepada angkatan laut pada kuartal kedua 2016.
Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment