Berita Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Wilayah Kedaulatan NKRI serta Militer Negara Sahabat

04 November 2015

Kapal Selam Cina Membayangi Kapal Induk AS Nyaris Tanpa Terdeteksi

12:23 PM Posted by Ikh Sanudin No comments
BEIJING:(DM) - Selama di The Washington Free Beacon Bill Gertz melontarkan sebuah berita utama, bahwa sebuah kapal selam Cina membayangi kapal induk nuklir AS, USS Ronald Reagan, yang disebut para pejabat Pentagon sebagai pertemuan paling dekat antara kapal selam Cina dan kapal induk Amerika sejak tahun 2006 .
Menurut Gertz, peristiwa tersebut terjadi pada tanggal 24 Oktober saat kapal induk USS Ronald Reagan sedang dalam perjalanan dari Pangkalan Angkatan Laut Yokosuka di Kanagawa, berlayar di sekitar ujung selatan Jepang ke Laut Jepang. Saat ini hanya kapal induk USS Ronald Reagan yang dikerahkan AS di Asia-Pasifik.
Kapal perang lainnya yang ada saat insiden itu terjadi adalah kapal penjelajah USS Chancellorsville dan kapal perusak rudal USS Mustin, USS Fitzgerald, dan USS Curtis Wilbur.
” Juru bicara Armada dan Komando Pasifik menolak mengomentari pertemuan kapal selam tapi tidak menyangkal bahwa insiden itu terjadi,” lapor Gertz. Pentagon juga menolak untuk mengungkapkan apa yang terjadi pada saat kontak dan tipe kapal selam apa terlibat.
Pada bulan Oktober 2009, kapal selam diesel elektrik Cina dari tipe Song class (Type 039) secara tak terduga muncul hanya dalam jangkauan torpedo dari kapal induk USS Kitty Hawk, yang membuat banyak pihak mempertanyakan kemampuan deteksi dan peperangan anti kapal selam dari armada kapal induk Amerika.
Pertanyaan serupa sekarang juga pasti akan dilontarkan, bagaimana mungkin kapal selam diesel elektrik Cina yang sering disebut tertinggal teknologinya 30 tahun dari teknologi kapal selam nuklir Amerika mampu mendekati dan membayangi armada kapal induk Amerika tanpa terdeteksi?.
Sebagian besar armada kapal selam konvensional Cina terdiri dari 13 kapal selam Song class (Type 039) dan 13 kapal selam diesel elektrik yang lebih modern Yuan class (Type 039A ) yang sudah dilengkapi dengan air independent propulsion (AIP).
Kedua kapal selam Song dan Yuan class dilengkapi dengan mesin diesel buatan Jerman seri 396 SE84, salah satu mesin kapal selam diesel terkemuka di dunia.
Setiap kapal selam Song dan Yuan class dilengkapi dengan tiga mesin tersebut, yang telah dibangun di bawah lisensi oleh kontraktor pertahanan Cina sejak tahun 1986. Yuan class juga telah memasukkan teknologi anti getaran dari kapal selam Rusia yang dirancang dan dilengkapi dengan teknologi stirling propulsi udara independen.

Thediplomat JKGR
Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment