Berita Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Wilayah Kedaulatan NKRI serta Militer Negara Sahabat

25 November 2015

Su-24 Ditembak Jatuh Turki, Rusia Kerahkan Kapal Perang

5:10 PM Posted by Ikh Sanudin No comments

SYIRIA:(DM) - Rusia telah bersiap-siap mengerahkan kekuatan tempurnya setelah pesawat jet bomber Su-24 Rusia ditembak jatuh pesawat tempur F-16 Turki.
Rusia menyiapkan kapal perang “Moscow” yang dilengkapi dengan rudal-rudal jelajah ke Pantai Latakia, Suriah.
Pihak Staf Umum Militer Rusia telah mengumumkan tiga langkah penting setelah Turki menembak jatuh pesawat jet tempur Rusia.
Pertama, setiap operasi serangan di Suriah harus dilakukan di bawah pengawalan pesawat jet tempur. Kedua, pertahanan udara akan dikuatkan dengan pengerahan kapal perang “Moscow” dengan rudal-rudal jelajah di pantai Latakia dengan tujuan menghancurkan sasaran yang bisa menimbulkan bahaya. Ketiga, kontak militer Rusia dengan Turki ditunda.
Seorang pejabat tinggi Staf Umum Militer Rusia, Letnan Jenderal Sergey Rudskoy, mengutuk serangan Turki terhadap pesawat jet bomber Rusia Su-24 di wilayah udara Suriah. Dia menyebut, tindakan Turki sebagai “pelanggaran berat hukum internasional”.
Dia menekankan bahwa pesawat jet Su-24 itu jatuh di atas wilayah Suriah. Lokasinya berjarak empat kilometer dari perbatasan Turki.
Rudskoy menegaskan bahwa pesawat tempur Rusia tidak melanggar wilayah udara Turki. Hal itu dikuatkan dengan data udara radar Hmeymim. Sebaliknya, lanjut dia, pesawat tempur Turki yang benar-benar memasuki wilayah udara Suriah karena menyerang pesawat jet bomber Rusia.
Selain itu, pesawat tempur Turki tidak berusaha menghubungi pilot Rusia sebelum menyerang. ”Kami menganggap serangan itu dilakukan dengan rudal jarak dekat dengan pencari infra-merah,” kata Rudskoy, seperti dikutip Russia Today, semalam.
”Jet Turki tidak berusaha berkomunikasi atau menjalin kontak visual dengan kru kami yang peralatan kami telah terdaftar. (Pesawat) Su-24 dihantam oleh sebuah rudal di atas wilayah Suriah,” pungkasnya.
Setelah jatuhnya Su-24, Helikopter Rusia yang ditugaskan mencari pilot pesawat jet bomber Su-24 juga diklaim telah ditembak oleh rudal pemberontak Suriah di wilayah Latakia.
Tentara Pembebasan Suriah (FSA), kelompok pemberontak Suriah yang didukung Amerika Serikat (AS) dan Turki mengatakan bahwa helikopter Rusia jatuh oleh rudal anti-tank buatan AS.
Tapi, laporan lain bertentangan dengan klaim FSA. Menurut laporan International Business Times, helikopter Rusia telah kembali ke basisnya dengan aman.
Namun, Rusia seperti dikutip Daily Mail, Rabu (25/11/2015) mengkonfirmasi bahwa hanya satu pilot tempurnya yang tewas. Sedangkan satu pilot lainnya masih dalam pencarian.
Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment