Berita Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Wilayah Kedaulatan NKRI serta Militer Negara Sahabat

21 December 2015

Tank Legendaris T-72 Dimodernisasi, Militer Rusia Semakin Kuat

9:30 PM Posted by Unknown No comments
Tank T-72 Rusia
MOSCOW:(DM) - Angkatan bersenjata Rusia telah menerima pasokan Tank T-72 gelombang terakhir yang telah dimodernisasi oleh produsen Ualvagonzavod.
Versi terbaru tank Soviet yang diproduksi pertama kali pada 1971 dilengkapi dengan perlindungan lapis baja balistik tambahan yang dapat menangkis serangan senjata penghancur massal, serta pendeteksi tembakan otomatis dan sistem supresi ledakan, demikan tulis Sputnik.
Pada T-72 juga dipasang pengelihatan malam, sehingga bisa digunakan untuk meluncurkan serangan di kondisi gelap.
Pembaharuan lain yang diterapkan pada T-72, tulis Sputnik, ialah kehadiran mesin yang lebih canggih, perlindungan yang lebih baik secara menyeluruh, serta senapan yang lebih kuat, sehingga mesin ini telah memenuhi persyaratan tempur lapis baja modern.
Dirancang dan dikembangkan oleh Uralvagonzavod, T-72 dinggap sebagai tank produksi massal terbaik dari paruh kedua abad ke-20. T-72 dan modifikasinya saat ini diproduksi dengan lisensi di banyak negara dunia.
T-72 dilengkapi dengan meriam 125 mm dengan kemampuan menembak rudal jelajah.
Meriam tersebut didampingi oleh senapan mesin Kalashnikov dan senapan mesin anti-pesawat kelas berat yang dipasang di turret.
Tank berbobot 41 ton ini memiliki mesin V-12 yang dapat diisi dengan tiga jenis bahan bakar yakni disel, bensin, dan minyak tanah.
Uniknya, T-72 dapat dipasang snorkel dan hanya butuh 20 menit untuk dipersiapkan bagi pengguaan amfibi
Tank T-72 adalah Salah satu tank tempur bersejarah yang diproduoleh Diproduksi Uni Soviet sejak tahun 1971. Tank tempur utama Rusia ini masih menjadi andalan beberapa negara hingga sekarang. Produksinya menembus angka lebih dari 25.000. Jumlah yang tak sedikit itu menjadikan T-72 tank ini begitu populer sejak pasca Perang Dunia kedua.
Perancang dari tank bersejarah ini adalah Kartsev-Venediktov yang didukung oleh produsen Uralvagonzavod. Secara garis besar, tank ini merupakan pengembangan dari T-64. Banyak negara tertarik untuk menjadikannya tank utama.
jkgr

0 komentar:

Post a Comment