Berita Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Wilayah Kedaulatan NKRI serta Militer Negara Sahabat

22 January 2016

Fregat Formidable Singapura, Lawan Terberat Light Fregat PKR 10514 Indonesia

11:32 PM Posted by Ikh Sanudin No comments
0010.res
0010.res
SINGAPURA:(DM) - Siapa tidak kenal fregat Formidable milik Angkatan Laut Singapura, Fregat dengan teknologi dan kemampuan siluman canggih. Termasuk salah satu fregat terbaik di Asia, bahkan masuk jajaran fregat terbaik di dunia (walau dalam artikel kemarin belum masuk jajaran 10 fregat terbaik).
Untuk mengkompensasi minimnya kuantitas jumlah personel militer dan wilayah negaranya yang kecil, Singapura selalu menghadirkan persenjataan termutakhir untuk memperkuat kamampuan militernya, baik di matra darat, matra udara maupun matra laut. Pada artikel kali ini kita mengupas fregat tercanggih milik Singapura (lawan terberat light fregat PKR 10514), si Formidable Fregat!!
Berdimensi lebih kecil dari salinannya, yakni La Fayette milik Angkatan laut Perancis, Formidable lebih berdesain stealth futuristic, memiliki panjang 114 m, lebar 16.3 m dan berbobot 3200 ton, dan dibawah ini beragam persenjataan yang melengkapi Fregat Formidable :
Dilengkapi meriam utama Oto melara super rapido 76 mm. Meriam mampu menembak sejauh 16 km dengan daya sembur 120 proyekti per menit. Meriam memiliki kinerja terbaik sebagai senjata pertahanan udara, anti rudal, anti kapal, dan kemampuan pemboman pantai.
Untuk pertahanan udara jarak menengah dan jauh, fregat dilengkapi 32 peluncur rudal A43 dan A50 sistem VLS untuk meluncurkan rudal Aster 15 dan rudal Aster 30.
Aster 15 memliki jangkauan 30 km dengan kecepatan 3 mach, sedangkan Aster 30 berdaya jangkau 100-200 km dengan kecepatan 4.5 mach.
Rudal mampu memberikan perlindungan dari serangan pesawat tempur dan UAV, bahkan juga mampu melindungi kapal dari serangan rudal anti kapal yang terbang rendah menyusuri permukaan laut, rudal yang terbang tinggi, rudal berkecepatan supersonic dan subsonic. Bahkan Upgrade Aster 30 terbaru diklaim mampu mengintersep rudal balistik supersonik.
Untuk persenjataan anti kapal, Formidable dipersenjatai 8 rudal Harpoon RGM-83C dalam 2×4 peluncur MK141 dibagian tengah kapal. Rudal memiliki kecepatan 0.9 mach dengan jangkauan 120 km. Dengan hulu ledak 221 kg, harpoon meluncur menyusuri permukaan laut dengan sistem bimbingan Active Radar.
Namun sebenarnya bagian tengah kapal tersedia 16 peluncur di sisi kiri dan kanan, sehingga total Formidable sebenarnya dipersenjatai 24 rudal anti kapal Harpoon. Termasuk Fregat dengan jumlah persenjataan terbesar di dunia.
typhoon
Formidable dilengkapi dua persenjataan meriam CIWS Thypoon 25 mm, Typhoon dilengkapi sistem gabungan stabilized sensor ball dengan electro-optical TV, laser pengukur jarak sasaran (laser rangefinder), dan sensor inframerah.
Persenjatan utama CIWS ini adalah Bushmaster M242 kaliber 25 mm, dengan jangkauan 2.5 km dan daya sembur 180 amunisi permenit. Formidable dilengkapi juga dengan 4-6 senapan mesin berat.
Untuk peran anti kapal selam, Formidable dipersenjatai 2×3 peluncur torpedo ringan A224/S Mod 3 yang memilik jangkauan 13.5 km dan berkecepatan 30-39 knot.
Formidable dilengkapi radar multi fungsi Passive Electronically Scanned Array (PESA) E/F-band (S-band) rotasi 3D Thales Herakles, yang memliki kemampuan ganda sebagai pengawasan sasaran di udara dan permukaan dan sebagai sistem pengendali tembakan juga.
Herakles memberikan pengawasan 3D hingga sejauh 250 km (200 km untuk pesawat, 60 km untuk rudal dan 20 + km untuk rudal skimming laut). dan memiliki kapasitas melacak lebih dari 500 target di udara dan permukaan. Setiap kapal dilengkapi juga dengan dua radar navigasi Terma Scanter 2001. Salah satu sistem radar digunakan untuk menavigasi dan pengawasan, sedangkan lainnya untuk memandu helikopter saat mendarat di fregat.

Helikopter dan UAV
Fregat dilengkapi helikopter Sikorsky S-70B Seahawk dan membawa juga UAV Scan Eagle yang diluncurkan melalui sistem peluncur super Wedge.
Mesin
Frigat Formidable dapat berlayar dengan kecepatan maksimum 27 knot dan kecepatan ekonomis 18 knot, dengan jarak operasi hingga 4.000 mil. Tenaga gerak fregar dihasilkan oleh empat unit mesin disel MTU 20V 8000 dengan konfigurasi kombinasi diesel-diesel (CODAD).
NavalAnalyses/jkgr
Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment