Berita Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Wilayah Kedaulatan NKRI serta Militer Negara Sahabat

18 January 2016

Partai Buruh Inggris, Desak Pemerintah Hapus Rudal Nuklir

12:44 AM Posted by Ikh Sanudin No comments

LONDON:(DM) - Inggris harus menjaga kapal selam nuklirnya tetapi tanpa senjata nuklir di kapal, pemimpin Partai Buruh Inggris dan juga Pemimpin Oposisi, Jeremy Corbyn.
Berbicara di The Andrew Marr Show pada hari Minggu pagi, 17/01/2016, Corbyn yang sebelumnya mengatakan ia tidak akan menggunakan senjata nuklir, ditekan dengan pertanyaan, apakah kapal selam Vanguard class Inggris yang membawa rudal nuklir Trident, akan tetap menjadi deterrent jika ia menjadi perdana menteri nanti.
“Kapal selam itu, tidak harus memiliki hulu ledak nuklir,” kata Corbyn. “Jika kita menggunakan senjata nuklir, itu bencana bagi seluruh dunia. Saya tidak percaya David Cameron akan menggunakannya. Saya pikir sistem senjata nuklir adalah sesuatu dari generasi Perang Dingin.
“Saya tidak percaya pada ketidakamanan hari ini bahwa senjata nuklir adalah solusi untuk itu. Lihatlah masalah di Timur Tengah, di tempat lain, melihat bencana 9/11 New York pada tahun 2001. Apakah senjata nuklir ada di salah satu dari mereka? Tidak Ada. ”
Pemimpin Partai Buruh dan juga Pemimpin Oposisi, Inggris, Jeremy Corbyn

Parlemen akan melakukan pemilihan suara (vote) untuk pembaharuan sistem senjata nuklir Trident akhir tahun ini. Corbyn, yang menentang pembaharuan, dikritik oleh serikat pekerja yang mengatakan, jika Inggris meninggalkan rencana pembaharuan senjata nuklir, akan menempatkan ribuan orang yang bekerja di bidang, menjadi beresiko.
Berbicara kepada BBC, Corbyn mendesak pemerintah untuk mengambil “bagian penuh” dalam perjanjian non-proliferasi nuklir, dan mengatakan menjaga kapal selam tanpa rudal nuklir di kapal adalah salah satu “pilihan” yang akan dipertimbangkan dalam tinjauan kebijakan pertahanan Partai Buruh .
Dia mengatakan: “Saya berharap akan ada tanggapan serius dan matang untuk perdebatan (di parlemen) secara sangat serius tentang arti sifat keamanan dan ketidakamanan, jalan dari kita untuk melindungi diri terhadap ketidakamanan dan kami akan membawa dunia yang lebih aman sebagai sebagai hasilnya. ”
Merespon pernyataan pimpinan Partai Buruh itu, Sir Eric Pickles dari Partai Konservatif lewat tweet-nya mengatakan : “Mungkin [Corbyn] sedang menyanyikan lagu tua Beatles : First track Fool on the Hill. (Sesuatu yang berniat bijak tapi tidak dipahami orang lain).
Buzzfeed.com/jkgr
Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment