Berita Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Wilayah Kedaulatan NKRI serta Militer Negara Sahabat

21 February 2016

Latihan Militer Angkatan Udara Rusia

10:52 PM Posted by Ikh Sanudin No comments
Latihan Militer Angkatan Udara Rusia (1)
MOSCOW:(DM) - Kementerian Pertahanan Rusia mengadakan latihan skala besar dengan generasi tempur helikopter Night Hunter, Crocodile, Terminator, dan Alligator di wilayah selatan Krasnodar pada hari Jumat kemarin (19 Februari).
Latihan itu dilakukan untuk melihat kemampuan kru sekaligus memamerkan kemajuan Rusia dalam teknologi radar dengan melakukan pertempuran lepas landas dan pendaratan, serta melakukan peluncuran rudal dengan target sasaran di udara dan darat.
Latihan Militer Angkatan Udara Rusia (2)
Latihan itu dilakukan setelah pemerintah Rusia menganggap pemotongan lima persen dalam pengeluaran pengadaan pertahanan tahun ini tidak berpengaruh terhadap kekuatan militer Rusia. Kondisi itu menunjukkan keberhasilan rencana Vladimir Putin untuk mengembalikan kekuatan militer Moskow terhadap rasa sakit akibat perlambatan ekonomi.
Presiden Rusia telah melakukan pengarahan terkait prioritas militer nasional, dan fakta bahwa tidak ada daerah yang aman dari pemotongan anggaran sejak tahun kedua resesi, menyusul penurunan harga minyak dan sanksi-sanksi Barat.
Usulan ini didukung oleh kementerian keuangan dan memiliki dukungan dari beberapa kementerian serta lembaga negara.
Latihan Militer Angkatan Udara Rusia (3)
Pemotongan lima persen dalam pengeluaran pengadaan pertahanan akan menghemat pengeluaran pemerintah tidak lebih dari 100 miliar rubel atau sekitar 1,3 miliar dolar Amerika Serikat.
Jika disetujui, pemotongan lima persen anggaran akan menjadi yang terbesar dalam belanja pertahanan di bawah kepemimpinan Putin, yang telah menjadi pemimpin dominan Rusia sejak tahun 2000. Pada tahun 2011, saat Putin menjadi perdana menteri, ia mengumumkan rencana untuk merevitalisasi tentara Rusia dan peralatan yang sudah tua dengan menghabiskan dana 23 triliun rubel di tahun 2020.
Besarnya belanja pertahanan yang dianggarkan Rusia sebesar empat persen dari produk domestik bruto tahun ini, atau sekitar seperlima dari semua pengeluaran pemerintah. Rusia sendiri memiliki keterlibatan militer di Suriah dan Ukraina.
Latihan Militer Angkatan Udara Rusia (4)
Wakil Menteri Pertahanan, Tatiana Shevtsova sempat mengatakan bahwa Moskow menghabiskan dua triliun rubel pada pengadaan pertahanan tahun 2015. Jumlah itu mewakili lebih dari 60 persen total belanja anggaran pertahanan nasional.
Terkait pertimbangan Rusia untuk memotong pengeluaran militer, juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov mengatakan bahwa berbagai pilihan masih sedang dipertimbangkan dan keputusan akhir belum diambil.
Latihan Militer Angkatan Udara Rusia (5)
Berdasarkan anggaran 2016 yang diadopsi pada bulan Oktober lalu, Rusia diperbolehkan untuk menaikkan anggaran militer meskipun perekonomian berada dalam resesi akibat kemerosotan harga minyak dan sanksi yang dilakukan Barat akibat tindakan Rusia di Ukraina.
Reuters/jkgr
Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment