Berita Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Wilayah Kedaulatan NKRI serta Militer Negara Sahabat

14 April 2012

TNI-Kementan Bersinergi Membangun Ketahanan Pangan

5:29 PM Posted by Unknown No comments

Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono, dan Menteri Pertanian Suswono menandatangi kesepakatan kerjasama dalam program pembangunan pertanian. (Sumber foto : PelitaOnline/Mihardi)

 Jakarta, PelitaOnline -- PANGLIMA TNI Laksamana TNI Agus Suhartono, dan Menteri Pertanian Suswono menandatangi kesepakatan kerjasama dalam program pembangunan pertanian. Ini juga merupakan bentuk pengabdian TNI mendukung program pemerintah.

Legalitas kegiatan ini diwadahi dalam tugas TNI melalui OMSP (Operasi Militer Selain Perang) sesuai Undang-Undang TNI nomor 34 Tahun 2004. Disebutkan tugas TNI dalam hubungan pemberdayaan wilayah pertahanan maupun dalam konteks membantu pemerintah di daerah.


Dalam konteks penyelenggaraan pertahanan negara, pertanian dan ketahanan pangan merupakan satu kesatuan integral, yang ditinjau dari aspek strategis dan taktis menjadi bagian dari pemberdayaan wilayah pertahanan dalam rangka penyiapan ruang, alat dan kondisi juang sebagai modal guna membangun kesejahteraan masyarakat dan membangkitkan semangat bela negara serta nasionalisme.

Agus mengatakan, pembangunan di sektor pertanian bersifat strategis. Menyusul perubahan iklim global dan surutnya minat masyarakat untuk berprofesi sebagai petani telah mengakibatkan penurunan target pencapaian program pembangunan di sektor pertanian.

“Berkurangnya lahan pertanian sebagai dampak pemenuhan kebutuhan perumahan dan bangunan, serta meningkatnya kebutuhan pangan seiring laju pertumbuhan jumlah penduduk di Indonesia yang semakin tinggi, menjadikan persoalan pertanian semakin kompleks untuk diatasi, sehingga hal tersebut sangat krusial untuk segera kita tangani secara bersama-sama,” jelas Agus seperti dalam rilis ke PelitaOnline, Jumat (13/4).

Kementerian Pertanian selaku leading sector memandang perlunya membangun kemitraan antar lembaga. Khususnya kemitraan dengan TNI yang memiliki gelar satuan hingga menjangkau seluruh wilayah Indonesia, untuk dapat disinergikan dan didayagunakan sebesar-besarnya dalam mendukung program pembangunan sektor pertanian demi terwujudnya ketahanan nasional.

Sumber: PelitaOnline

0 komentar:

Post a Comment