Berita Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Wilayah Kedaulatan NKRI serta Militer Negara Sahabat

28 May 2012

RI Mampu Bantu Wujudkan Perdamaian di Korea

10:12 PM Posted by Unknown No comments

JAKARTA - Peran Indonesia sebagai salah satu negara berpengaruh di kawasan Asia Tenggara dapat membantu dalam menyelesaikan krisis nuklir di Semenanjung Korea. Setidaknya demikian yang disebutkan oleh salah seorang narasumber asal Korea Selatan (Korsel) dalam forum yang mengangkat tema Perdamaian dan Keamanan di Semenanjung Korea.

"Indonesia adalah mitra penting bagi Korsel termasuk dalam hubungan diplomasi, ekonomi, serta dalam berbagai bidang lainnya. Saya tidak ingin menilai hubungan Indonesia dengan Korea Utara. Namun, Saya ingin menegaskan bahwa Indonesia adalah negara yang sangat dihormati dalam komunitas internasional. Indonesia juga diketahui sebagai negara demokrasi dan penjunjung tinggi HAM," ujar salah seorang narasumber asal Korea Selatan dalam 2012 Forum on Peace and Security on the Korean Peninsula: Challenges and Ways Forward di Hotel Four Season Jakarta, Senin (28/5/2012).

Sementara itu dalam forum yang sama, Dosen Fakultas Sosial dan Politik Universitas Indonesia Dr Edy Prasetyono menegaskan, Indonesia memiliki kemampuan untuk mendekati Korea Utara terkait dengan isu nuklir negara itu.

"ASEAN memiliki rekam jejak yang baik dalam menciptakan isu perdamaian regional. Setiap kali krisis nuklir Korut menjadi topik, Indonesia memiliki kemampuan untuk mendekati Korut," ujar Edy.

Tidak hanya Edy, namun salah seorang pengamat politik internasional Dewi Fortuna Anwar pun  memberikan pernyataan yang serupa terkait dengan peran strategis Indonesia dalam mengupayakan perdamaian di Semenanjung Korea.

"Saat ini fokus penting dalam mengupayakan perdamaian di Semenanjung Korea adalah bagaimana membangun kepercayaan antara kedua belah pihak (Korut dan Korsel). Indonesia yang memiliki hubungan baik dengan kedua Korea ini dapat berperan menjadi pihak yang dipercaya," tutur Dewi.(rhs) Okezone

0 komentar:

Post a Comment