Berita Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Wilayah Kedaulatan NKRI serta Militer Negara Sahabat

19 May 2012

Saiful Sulun: TNI Masih Terpercaya

12:33 AM Posted by Unknown No comments
Wahyu Wening / Jurnal Nasional
Perserikatan Bangsa Bangsa memberikan kepercayaan penuh kepada TNI untuk ikut menjaga perdamaian dunia dengan mengirimkan pasukannya terlibat dalam misi perdamaian.

Jurnas.com | TENTARA Nasional Indonesia masih dinilai sebagai kekuatan terpercaya untuk menjaga kesatuan bangsa dan negara meski di masa Orde Baru ketika masih bernama Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI) digunakan oleh penguasa saat itu, Soehart untuk melanggengkan kekuasaannya.

Hal itu diungkapkan Mayjen (Purn) Saiful Sulun dalam diskusi publik Pokja Petisi 50 bertajuk "Apakah Reformasi Kelanjutan Orde Baru" di Jakarta Selatan, Jumat (18/5). "TNI masih menjadi kekuatan yang terpercaya dalam menjaga keutuhan bangsa," katanya.

Dia mengatakan bahwa tidak bisa dipungkiri bahwa selama ini TNI pernah melakukan kesalahan di masa Orde Baru. "Bagaimana yang baik, mari kita cari solusinya bersama," katanya. Sebagaimana diketahui, Petisi 50 diawali dengan pernyataan keprihatinan yang ditandatangani 50 tokoh di Jakarta, 5 Mei 1980, sebagai respons dari pidato Soeharto di Pekanbaru dan Cijantung.


Saiful juga tidak memungkiri beberapa anggota tentara sebelumnya pernah melakukan perlawanan seperti halnya ditunjukkan dengan berbagai pembentukan dewan-dewan militer di berbagai daerah di Indonesia di tahun 50-an. "TNI terus mengalami seleksi sejarah, seperti halnya peristiwa 1946, yang nakal hilang sendiri," katanya.

Sumber: jurnas

0 komentar:

Post a Comment