Berita Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Wilayah Kedaulatan NKRI serta Militer Negara Sahabat

15 May 2012

Taiwan Umumkan Pembangunan 12 Korvet Stealth

10:11 PM Posted by Unknown No comments
PHILIPPE HUGUEN / AFP
Inilah salah satu kapal perang stealth yang diproduksi oleh Prancis untuk Taiwan dan telah dimiliki sejak 1992. Taiwan memutuskan untuk membangun sendiri kapal perang stealth.

Jurnas.com | TAIWAN akan membuat 12 kapal perang "siluman" baru untuk menanggapi peningkatan kekuatan angkatan laut China. Kepala Staf AL Taiwan Laksaman Chu Hsu-ming mengemukakan, Lung Teh Shipbuilding Co, satu perusahaan swasta, mendapat kontrak US$30,1 juta.

Anggaran ini untuk pembangunan korvet dengan bobot mati 500 ton pertama. Pengiriman recananya dilakukan pada tahun 2014. Rencananya akan dibangun 12 kapal seperti itu, yang dilengkapi teknologi siluman. "Setelah prototipe itu selesai dan diuji, spesifikasinya mungkin akan diproduksi secara massal kapal-kapal yang tersisa," kata Chu. Masing-masing kapal akan dipersenjatai dengan delapan rudal supersonik anti-kapal Hsiung Feng III serta delapan Hsiung Feng II.


Hubungan antara Taiwan dan China mereda sejak Ma Ying-jeou dari Partai Kuomintang yang bersahabat dengan China berkuasa tahun 2008. Kondisi ini sanggup meningkatkan perdagangan kedua negara. Arus wisatawan China meningkat ke Taiwan.

Tetapi Beijing masih menolak melepaskan ancaman penggunaan kekuatan militer, kendati pun Taiwan memiliki pemerintah sendiri sejak berakhirnya perang saudara tahun 1949, yang memicu pulau itu terus memordernisasi angkatan bersenjatanya.

Antara/AFP

0 komentar:

Post a Comment