Berita Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Wilayah Kedaulatan NKRI serta Militer Negara Sahabat

19 March 2012

Bom 1 Ton Ditemukan, Pelabuhan Dikosongkan

8:17 PM Posted by Unknown No comments
 Petugas memindahkan bom seberat 1 ton yang ditemukan di Marseille, Perancis, ke sebuah pangkalan militer untuk dijinakkan.
MARSEILLE, KOMPAS.com - Sebuah bom seberat 1 ton peninggalan Perang Dunia II ditemukan di Kota Marseille, Perancis. Selama pemindahan bom itu, pemerintah kota tersebut mengevakuasi kawasan di sekitar ditemukannya bom tersebut, Minggu (18/3/2012).

Sekitar 1.000 orang diminta meninggalkan area tersebut. Lalu lintas kapal dihentikan dan jalan akses ke kawasan itu pun ditutup.

Setelah melalui operasi yang rumit dan penuh kehati-hatian, petugas berhasil mengangkat bom itu dan membawanya ke sebuah pangkalan militer. Operasi penjinakan bom dilaporkan berjalan dengan lancar.

Bom itu ditemukan secara tidak sengaja oleh sejumlah pekerja bangunan sekitar sepekan lalu. Alat berat yang mereka gunakan telah mengenai bom kelas berat itu.

Menurut pihak berwenang, sistem pemicu bom tersebut sudah tidak berfungsi, namun bobot bahan peledak yang ada di dalamnya, membuat bom itu sangat berbahaya.

Bom itu diduga ditanam oleh tentara Jerman yang berencana meledakkan kota pelabuhan tersebut, ketika mereka hendak mundur menjelang akhir Perang Dunia II.

0 komentar:

Post a Comment