Subscribe:

08 March 2012

Posisi Penting Indonesia Di Mata Cina

Seiring dengan perubahan kebijakan Amerika Serikat di kawasan Asia Pasifik, Cina kini semakin memandang penting posisi Indonesia bagi kepentingannya. Beijing sekarang menjadikan peningkatan hubungan dengan Indonesia semakin penting, termasuk kerjasama di bidang pertahanan. Tentu menjadi pertanyaan, mengapa Jakarta semakin penting di mata Beijing?
Pertama, tentu saja posisi geografis Indonesia. Soal ini tak perlu didiskusikan panjang lebar. Kedua, posisi Indonesia sebagai pemimpin de facto ASEAN. Wajar saja kalau Indonesia menjadi primus inter pares ASEAN, sebab Indonesia adalah negara terbesar dan terpenting di Asia Tenggara. Ketiga, kebijakan politik Indonesia. Tentang yang ketiga ini, singkatnya Cina menganggap penting Indonesia karena berbeda dengan beberapa negara ASEAN lainnya, kebijakan Indonesia tidak selalu membebek Amerika Serikat.
Dengan tiga alasan itu, wajar saja bagi Cina untuk kian memandang penting posisi Indonesia di tengah upaya Amerika Serikat untuk membatasi geraknya. Pertanyaannya adalah, "daftar belanja" apa saja yang sudah disiapkan oleh Jakarta untuk meraih keuntungan dari Beijing dengan posisi Cina yang demikian saat ini?
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...