Berita Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Wilayah Kedaulatan NKRI serta Militer Negara Sahabat

02 May 2012

Danguspurlatim Sambut Kedatangan KRI Kakap dan KRI Tongkol Di Darwin

5:35 PM Posted by Unknown No comments

Surabaya, 02 Mei 2012
Komandan Gugus Tempur Laut Kawasan Timur (Danguspurlatim) Laksamana Pertama TNI Ari Soedewo menyambut kedatangan KRI Kakap-811 dan KRI Tongkol-813 di Dermaga Darwin Naval Base komplek militer Australia Larrakeyah Darwin, Jum’at (27/04). Danguspurlatim didampingi Atase Laut Indonesia untuk Australia Kolonel Laut (P) Bambang Pramushinto serta Konsulat Jenderal (Konjen) RI di Darwin Ade Padmo Sarwono.


Selain pejabat dari kalangan militer Indonesia, hadir dalam penyambutan itu Commander Northen Command (Comnorcom) Air Commodore Ken Watson, Atase Laut Australia untuk Indonesia Captain Katja Bizilj serta pejabat Angkatan Laut (AL) Australia Royal Australian Navy (RAN) yang berada di HMAS Coonawarra.

Kedatangan unsur Patkor Ausindo di Dermaga Darwin Naval Base menjadi perhatian media lokal. Pada kesempatan itu Danguspurlatim bersama Comnorcom melaksanakan konferensi pers, menjawab beberapa pertanyaan wartawan setempat mengenai seputar kegiatan Patkor Ausindo 12, selama di Indonesia dan Australia.

 Kemudian pejabat militer serta diplomat kedua negara mengadakan kunjungan ke KRI Kakap dan KRI Tongkol. Selanjutnya mereka  menggelar pertemuan dengan Komandan KRI untuk membahas rencana kegiatan Satgas Patkor Ausindo 2012 selama berada di Darwin.

Pada kesempatan yang sama, setibanya kedua unsur KRI di Darwin, kemudian langsung diadakan pemeriksaan oleh petugas Balai Karantina Pelabuhan Australia. Pemeriksaan meliputi kebersihan ruangan-ruangan, dapur serta ruang pendingin bahan basah dan daging (fresh room) kapal..

Semua kebutuhan mandi mencuci telah disediakan oleh pihak AL Australia disebuah tempat tidak jauh dari dermaga KRI bersandar. Fasilitas ditempat itu tergolong sangat memadai dengan 6 buah mesin cuci dan pengering, kran air untuk mandi (shower), wastafel serta Water Closed (WC) duduk.

Sedangkan untuk kebutuhan makan telah disediakan menu makanan Halal, di Mess Perwira, Bintara dan Tamtama. Setiap waktu makan pagi, siang dan malam, prajurit KRI bersama-sama menuju Mess mereka masing-masing untuk makan bersama. Berbagai menu makanan telah tersedia dan disajikan secara khusus oleh petugas Mess yang melayani mereka pada saat jam makan.

Unsur kapal perang yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) Patroli Kordinasi Australia Indonesia (Patkor Ausindo) tahun 2012, telah menempuh perjalanan selama dua malam satu hari mulai tanggal 25 sore sampai tiba di Darwin tanggal 27 April 2012.  

(Dispenarmatim).

0 komentar:

Post a Comment