Berita Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Wilayah Kedaulatan NKRI serta Militer Negara Sahabat

27 May 2012

Irak Beli 18 Jet Tempur F-16

8:04 PM Posted by Unknown No comments

Juru bicara pemerintah Irak, Ali al-Dabbagh, mengkonfirmasikan pembelian 18 unit jet tempur F-16 dan mengatakan, "Dalam beberapa tahun mendatang, angkatan udara Irak akan memiliki 54 unit jet tempur F-16."
 
Dalam wawancaranya dengan Fars News (26/5) Dabbagh mengatakan, pembelian 18 unit jet tempur tersebut juga telah disetujui oleh perusahaan Amerika.
 
Ditambahkannya, dalam rangka memperkokoh armada angkatan udaranya dalam menjaga zona udara negara ini, pemerintah Irak menambah pesanannya hingga 18 unit baru yang sebelumnya mencapai 36 unit pesawat tempur F-16, dari Amerika Serikat.  
 
Ali al-Dabbagh menolak memberikan keterangan lebih lanjut soal jumlah biaya dan masa penyerahan pesawat tempur itu kepada Irak, dan mengatakan, "Kami tidak dapat memberikan keterangan dalam hal ini, akan tetapi yang pasti dalam beberapa tahun mendatang, Irak akan memiliki 54 unit jet tempur F-16."

 
Di era rezim diktator Saddam Hossein, angkatan udara Irak memiliki ratusan pesawat tempur produksi Rusia, akan tetapi setelah tumbangnya Saddam, militer Irak dibubarkan oleh penguasa Amerika pada tahun 2003.
 
Rencana pembelian jet tempur F-16 oleh pemerintah Irak itu dilakukan di saat pemimpin wilayah otonomi Kurdistan Irak, beberapa waktu lalu menyatakan kekhawatirannya atas program pembelian jet tempur dari Amerika Serikat.
 
Pemerintah pusat Irak dan Kurdistan sudah selama bertahun-tahun berselisih dalam berbagai masalah termasuk status otonomi dan sumber-sumber minyak. 

(IRIB Indonesia/MZ)

0 komentar:

Post a Comment